Gabbarini Sebut Ini yang Menjadi Perbedaan Antara Lorenzo dan Casey Stoner di Ducati

Casey Stoner dan Jorge Lorenzo. (Dok: net)
Casey Stoner dan Jorge Lorenzo. (Dok: net)

TitikNOL - Jorge Lorenzo perlahan, tapi pasti makin mengenal pacuan anyarnya, Ducati Desmosedici. Pada akhir MotoGP 2017, Por Fuera menempat peringkat ketujuh di klasemen. Ini menjadi posisi terendah dalam karier balapan Lorenzo. Ini juga jadi kali pertama Lorenzo gagal memenangi satu balapan pun dalam semusim sejak debutnya di MotoGP pada 2008.

Tak ada orang yang paling mengenal karakter Lorenzo di Ducati kecuali Cristian Gabarrini yang menjabat sebagai kepala kru juara dunia tiga kali tersebut. Gabarrini melihat adanya perbedaan mencolok antara Lorenzo dan Casey Stoner.

Gabbarini pernah bekerja sama dengan Stoner ketika pembalap Australia ini menjadi juara dunia pada 2007 dan 2011. Gabarrini juga ikut meninggalkan Ducati ke Honda ketika Stoner melakukan itu.

Namun, Gabarrini bertahan di Honda setelah Stoner pensiun pada akhir 2012. Gabarrini bekerja sama dengan Jack Miller di tim Marc VDS sebelum kembali ke Ducati pada 2017 untuk menjadi kepala kru tim Lorenzo di Ducati.

"Semua orang bilang kepada saya bahwa bekerja sama dengan Jorge akan sangat sulit, tapi itu tak benar. Jika kita menjelaskan kepadanya apa yang akan terjadi, ia mendengarkannya meski mungkin ia bisa setuju atau tak setuju," kata Gabarrini kepada Motorsport.com.

"Lorenzo dan Stoner itu mirip terkait talenta. Mereka berdua terlahir untuk mengendarai sebuah motor. Namun, mereka berbeda dalam karakter dan cara mendekati pekerjaan mereka.

"Casey adalah pembalap yang mengandalkan insting, ia hanya butuh beberapa tikungan untuk memahami sesuatu dan cenderung tak melakukan banyak lap. Jorge kurang menggunakan instingnya dan lebih banyak bergantung pada metode kerjanya.Jorge sangat tepat dan teliti, di samping sangat sensitif dengan feedback dari motor.

"Dalam beberapa momen, saya merasa tekanan karena kami punya Jorge dan hasil-hasil tak terjadi. Namun, ini bagian dari pekerjaan kami dan kami juga harus melepaskan tekanan dari pembalap."

Berita ini telah tayang di cekskor.com, Kamis 21 Desember 2017 dengan judul Beda Lorenzo dan Stoner di Ducati

Komentar