Hasil Liga Inggris Everton vs Arsenal: Skor 0-2

Selebrasi Alex Iwobi usai cetak gol. (Dok:net)
Selebrasi Alex Iwobi usai cetak gol. (Dok:net)

TitikNOL - Asa Arsenal untuk menjuarai Liga Primer Inggris sepertinya masih belum padam setelah mereka tampil meyakinkan saat membungkam tuan rumah Everton 2-0 di Goodison Park, Sabtu (19/3) malam WIB.

Gol-gol yang dicetak Danny Welbeck dan Alex Iwobi di paruh pertama sudah cukup untuk membawa The Gunners mengakhiri tren buruk dalam beberapa pekan terakhir yang membuat posisi manajer Arsene Wenger tertekan. Ini adalah tripoin perdana Arsenal di Liga Primer sejak 14 Februari lalu ketika menang dramatis 2-1 atas pemuncak klasemen Leicester City.

Dengan demikian, Arsenal kini mantap duduk di posisi ketiga, memangkas jarak dari Leicester menjadi delapan poin dengan musim tinggal menyisakan delapan partai. Bagi Everton, ini adalah kekalahan kesembilan mereka di musim ini dan membuat armada Roberto Martinez tetap berkutat di posisi 12.

Serunya pertandingan langsung terasa sejak kick-off pertandingan, bahkan dalam lima menit pertama kedua tim saling mencatatkan peluang bagus. Dimulai oleh sepakan Seamus Coleman yang melebar tipis, tembakan Danny Welbeck yang mengenai mistar gawang, dan tembakan voli Gabriel Paulista yang melambung.

Permainan terbuka itu membuat gol cepat seperti tinggal menunggu waktu saja. Benar saja, di menit ketujuh, Arsenal sukses membuka keunggulan. Berawal dari umpan-umpan cantik di area pertahanan Everton, Alexis Sanchez mengirimkan umpan terobosan cantik yang diterima Welbeck sebelum sukses mengelabui Joel Robles dan menjebol gawang tuan rumah.

Semenit kemudian, skor sejatinya bisa berubah menjadi 2-0, akibat kesalahan Funes Mori di lini belakang. Beruntung, sepakan voli Alex Iwobi saat menyambut umpan Alexis terlalu lemah sehingga mudah diamankan Joel. Memasuki pertengahan babak, tempo permainan melambat dan kedua tim kini bermain lebih berhati-hati.

Everton terlihat kesulitan menembus kekompakan lini belakang Arsenal sehingga membuat Romelu Lukaku terkunci di lini depan. Sebaliknya tim tamu tampak berbahaya setiap kali melakukan menyerang. Puncaknya terjadi di menit 42 ketika Hector Bellerin merebut bola di lini tengah sebelum langsung mengirimkan bola lambung ke lini depan.

Iwobi menyambut bola itu, melesat ke kotak penali, dan sukses menaklukkan Robles untuk membawa Arsenal menggandakan skor menjadi 2-0. Ini adalah gol pertama Iwobi di Liga Primer. Seiring peluit panjang tanda turun minum dibunyikan, publik Goodison Park mencemooh tim kesayangannya sendiri.

Roberto Martinez kemudian melakukan perubahan usai jeda, dengan memasukkan John Stones. Namun, Stones langsung membuat kesalahan di menit 50 ketika back-pass-nya berhasil direbut Welbeck. Beruntung, bek muda Inggris itu mampu memulihkan diri untuk mencegah Welbeck melakukan aksi yang lebih berbahaya.

Ketidakcermatan Everton juga tampak di lini depan. Poros segitiga yang dibangun Lukaku, Aaron Lennon, dan Ross Barkley sering melakukan kesalahpahaman sehingga mudah dipatahkan. Peluang terbaik Everton baru terjadi di menit 69 kala Phil Jagielka  menanduk bebas sebuah sepak pojok, namun masih melebar.

Arsenal sendiri sukses menggetarkan jala Everton untuk kali ketika di menit 83 via Olivier GIroud, namun dianulir lantaran striker pengganti itu telah melakukan pelanggaran terlebih dulu kepada Jagielka. Lukaku kemudian nyaris mempekecil keadaan di menit 88, namun tandukan jarak dekatnya berhasil diantisipasi David Ospina. Hingga akhir laga, skor 2-0 tidak berubah untuk kemenangan Arsenal.

Susunan Pemain:

Everton (4-2-3-1): Joel; Coleman, Jagielka, Funes Mori, Baines; McCarthy, Besic (Stones 46’); Lennon, Barkley (Deulofeu 73’), Cleverley; Lukaku.

Cadangan: Howard, Galloway, Osman, Niasse, Kone.

Arsenal (4-2-3-1): Ospina; Bellerin, Gabriel, Koscielny, Monreal; Coquelin, El-Neny; Iwobi (Chambers 86'), Ozil (Gibbs 74’), Sanchez; Welbeck (Giroud 75’)

Cadangan: Macey, Mertesacker, Campbell, Walcott.

 

 

 

 

 

Sumber: www.goal.com

Komentar