BKD Cilegon Gelar Diklat Laporan Keuangan Berbasis Akrual

Plt Sekda Kota Cilegon Ratu Atir Marliati saat memberikan sambutan dalam acara pendidikan dan pelatihan (diklat) penyusunan laporan keuangan berbasis akrual. (Foto: Ist)Plt Sekda Kota Cilegon Ratu Atir Marliati saat memberikan sambutan dalam acara pendidikan dan pelatihan (diklat) penyusunan laporan keuangan berbasis akrual. (Foto: Ist)

CILEGON, TitikNOL - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cilegon menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (diklat) penyusunan laporan keuangan berbasis akrual. Pelatihanyang digelar di Hotel Grand Mangku Putra ini berlangsung mulai 31 Oktober hingga 25 November.

Plt Sekda Kota Cilegon,Ratu Ati Marliati dalam sambutannya mengatakan, reformasi yang terjadi di negara ini berdampak pada tuntutan masyarakat untuk mereformasi keuangan negara.

Baca juga: Pejabat Ini Menjadi Pendaftar Pertama Seleksi Sekda Cilegon‎

"Secara khusus saya menyambut baik diadakannya diklat ini, agar saudara-saudara semakin memahami dan memiliki pengetahuan untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional," katanya.

Lebih lanjut Ati menjelaskan, pemerintah Indonesia telah mencanangkan reformasi di bidang keuangan negara. Salah satu reformasi yang dilakukan adalah penerapan akuntansi berbasis akrual pada setiap instansi pemerintahan.

"Penerapan akuntansi berbasis akrual harus dilaksanakan pada setiap instansi pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun Pemerintahan Daerah. Hal ini bertujuan agar keuangan negara dikelola secara tertib," katanya.

Ati mengungkapkan, laporan keuangan berbasis akrual dalam akuntansi berdampak baik bagi laporan keuangan jangka panjang.

"Laporan keuangan berbasis akrual ini dianggap lebih mampu menyediakan hal-hal yang terkait dengan sistem akuntansi yang lebih baik, yang dapat mendukung dalam pembuatan keputusan, dan merupakan konsekuensi jangka panjang dari suatu kebijakan daerah, dibandingkan dengan laporan keuangan berbasis kas yang dipakai selama ini oleh negara kita," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Diklat BKD Kota Cilegon, Yunan Nurkholis menjelaskan, tujuan diadakannya diklat ini adalah mempersiapkan ketersediaan aparatur yang kompeten dalam bidang penyusunan laporan keuangan berbasis akrual.

"Tujuan diadakannya diklat ini adalah mempersiapkan ketersediaan aparatur yang berkompeten dan mendorong terwujudnya efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas," tuturnya. (Ardi/Quy)

Komentar