Dalam Sepekan, Wali Kota Serang Dua Kali Rotasi Pejabat Pemkot

Ilustrasi. (Dok: Posmetro Padang)Ilustrasi. (Dok: Posmetro Padang)

SERANG, TitikNOL - Wali Kota Serang Syafrudin, kembali merotasi sekaligus melantik penjabat di jajaran Pemkot Serang untuk yang kedua kalinya.

Kali ini, Syafrudin melantik para pejabat eselon II sebanyak 15 orang dengan jabatan barunya di Pemerintahan Kota Serang.

"Ini khusus eselon II tidak ada yang lain, karena ini bentuk penyegaran di pemkot," katanya saat ditemui usai pelantikan di gedung Setda, Kota Serang, Jumat, (3/5/2019).

Ia mengatakan, bahwa rotasi merupakan salah satu tuntutan lembaga serta untuk menunaikan janji politiknya. Selain itu, ini sesuai prosedur berdasarkan panitia pelaksana (Pansel) dan keputusan Mentri Dalam Negeri (Mendagri).

"Tuntutan reformasi birokrasi karena kami ingin melakukan reformasi birokrasi," ungkapnya.

Menurutnya, hal ini dinilai efektif untuk meningkatkan kualitas dari masing-masing pejabat, lantaran ada beberapa eselon yang sudah lima hingga tujuh tahun tidak dilakukan rotasi.

"Bukan sesuai, tapi sudah melebihi 5 bahkan 7 tahun, jadi biar tidak bosen gitu, kalau itu-itu saja kapan mau pinter kalau itu saja yang dikerjakan," lanjutnya.

Berdasarkan pengakuan Syafrudin, sampai saat ini terdapat kekosongan jabatan di 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga, kinerja Pemkot dinilai belum stabil.

"Masih ada 11 OPD di Kota Serang ini masih kosong dan sedang dilakukan open bidding. Saya kira harus sesuai dengan tupoksinya, artinya uji kompetensi ini bukan kami yang memberikan penilaian, Dindik harus orang yang tepat, Dinkes juga harus orang yang tepat," sambungnya.

Ia berharap, dengan dilakukannya rotasi jabatan tersebut, dapat meningkatkan kualitas kinerja dari masing-masing OPD, sehingga Kota Serang akan lebih baik dari sebelumnya.

"Ya mudah-mudahan semua pihak menyadari dan ini merupakan hasil dari pansel dan harus diterima dengan apa adanya," tegasnya.(Gat/TN1)

Komentar