Kinerja Masih Mengecewakan, DPR: Anggaran Komisi Yudisial Patut Dipotong

Ilustrasi Komisi Yudisial. (Dok: Cakranews)
Ilustrasi Komisi Yudisial. (Dok: Cakranews)

JAKARTA, TtitkNOL - Anggota Komisi III DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menganggap anggaran Komisi Yudisial dalam APBN-P 2016 layak dipotong. Meski adanya Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2016 tentang langkah-langkah Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementrian/Lembaga, kinerja KY saat ini masih sangat mengecewakan.

“Survey Kepuasan Masyarakat yang dilakukan oleh KY sendiri pada tahun 2015 lalu, masih berada pada kategori C atau kurang baik. Bahkan, responden hanya memberi nilai 57,65 untuk unsur pelayanan pemeriksaan yang dilakukan oleh KY,” ujar Dasco saat dihubungi, Senin (13/6/2016).

Padahal, inti pelayanan KY pada masyarakat adalah pada aktvifitas pemeriksaan. “Yang paling parah  adalah tidak satupun unsur pelayanan KY yang mendapat nilai A atau sangat baik dari masyarakat,” tambahnya.

Lanjut politisi Partai Gerindra itu, pernyataan KY bahwa pengurangan anggaran bisa memperlemah pengawasan pada kekuasaan kehakiman perlu dipertanyakan lebih jauh.

“Justru saat ini fungsi pengawasan KY sedang dalam titik yang paling lemah. Siapa tahu dengan adanya pemotongan anggaran akan memicu semangat Komisioner dan Pegawai KY untuk meningkatkan kinerja pengawasan,” jelasnya. (Bara/rif)

Komentar