Sentil Gubernur, Mendagri: Hindari Kerumunan, Di Pantai Carita Jangan Bertumpuk

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Dok: Indopolitika)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (Dok: Indopolitika)

SERANG, TitikNOL- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sentil Gubernur Banten Wahidin Halim tentang padatnya aktivitas masyarakat yang memanfaatkan waktu libur Sekolah akibat wabah virus Corona di Pantai Carita.

Menurutnya, salah satu penyebaran penularan Covid 19 bergerak secara cepat akibat banyaknya kerumumunan massa di satu tempat.

"Hindari kerumunan. Di pantai carita jangan bertumpuk, justru akan menimbulkan penularan," katanya usai berdiskusi penanganan Covid 19 di Pendopo Gubernur Banten, Kamis, (19/03/2020).

Ia menjelaskan, prinsip utama untuk membendung penyebaran virus Corona adalah dengan menghindari kegiatan yang menimbulkan banyak massa.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten harus menjalankan kebijakan jaga jarak. Sebab, media penularan virus cenderung melalui kerumunan. Apabila ada kegiatan, mekanisme pencegahan kesehatan wajib diberlakukan.

"Harus dilakukan kebijakan jaga jarak dan kerumunan karena itu menjadi media pertama penularan baik wisata, keagamaan, olahraga dan seni. Kalau ada kegiatan tetap ada mekanisme agar tidak tertular percikan tubuh dan yang lain," ujarnya.

Untuk menangani hal itu, kata Tito, maka perlua ada konten edukasi Covid 19 dengan catatan tanpa membuat panik masyarakat. Sebab, hal ini akan berdampak langsung pada sistem perekonomian di Indonesia.

"Buat konten edukasi tanpa membuat masyarakat panik. Prinsipnya, upayakan membendung penyebaran dan menjaga stabilitas ekonomi tanpa kepanikan publik," paparnya.

Ia juga menyebutkan, bahwa tantangan terbesar bagi daerah dalam menghadapi wabah ini adalah menjaga kestabilan ekonomi. Selain itu, perlu adanya dimensi kesehatan. Karena kekhawatiran masyarakat terhadap wabah yang sudah menjadi pandemi di Indonesia ini akan berpengaruh dalam iklim usaha.

"Perlu ada upaya kesediaan sembako di Banten. Bagaiamana kesiapan dari bulog masing-masing dan swasta agar cukup. Upaya membantu ekonomi masyarakat rentan atau kelompok kurang mampu dengan sembako untuk kebutuhan mereka," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku akan menambah tempat Isolasi untuk menangani wabah virus Corona. Selain itu, pihaknya akan mengadakan alat kesehatan guna menangani pasien yang terjangkit Covid 19.

"Kami akan tambah ruang Isolasi di RS. Sekarang sedang dikonsultasikan dengan Kemenkes. Banyak, pengadaan pelindung, ventilator dan vitamanin," katanya secara singkat. (Son/TN1)

Komentar