Tekan Inflasi Daerah, Banten Diminta Tiru program Sumut

Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten Budi Hartato Setyawan ingin terapkan program seperti Pemprov Sumut. (Foto:net)
Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten Budi Hartato Setyawan ingin terapkan program seperti Pemprov Sumut. (Foto:net)

SERANG,TitikNOL - Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten Budi Hartato Setyawan mengatakan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, inflasi di Provinsi Banten masih tinggi jika dibandingkan nasional.

"Padahal Provinsi Banten memiliki banyak potensi yang luar biasa, yang mampu menekan inflasi dan bisa menjadikan juara tingkat nasional dalam bidang TPID,” kata Budi, kepada wartawan, Selasa (01/03/2016)

Ia menjelaskan, Pemprov Banten jika ingin menerapkan program seperti di Pemprov Sumut yang memiliki system early warning terkait penanggulangan inflasi di daerahnya. Dimana, System ini langsung mengingatkan tim TPID untuk segera melakukan sesuatu agar inflasi di Sumut tetap rendah.

“Makanya, Pemprov harus mampu menerapkannya dengan baik di Banten,” ucapnya.

Tapi lanjut Budi, tidak hanya memiliki early warning, koordinasi tim TPID Pemprov Sumut juga sangat berjalan dengan baik. Tim ini melakukan komunikasi dengan menggunakan semua jenis alat komunikasi, dari SMS hingga telepon. “Jadi, Banten harus lebih dari itu,” tegasnya.

Ia menuturkan, tidak ada salahnya,  jika Pemprov Banten mengadopsi program yang berada di Provinsi Sumut untuk diaplikasikan di Banten. Namun, program tersebut harus dimodifikasi sesuai dengan kondisi di Banten.

“Saya mengingatkan, bahwa dalam ATM ada modifikasi. Artinya, program hasil adopsi harus dimodivikasi dengan dengan kebutuhan dan kondisi di Banten,” tutupnya.(Dede/red)

Komentar