Babinsa di Lebak Dampingi Petani Tanam Kacang Panjang

Serda Supriatna Babinsa Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, Lebak - Banten dampingi kelompok tani tanam kacang panjang di lahan seluas dua hektar. (Foto: TitikNOL)Serda Supriatna Babinsa Desa Padasuka, Kecamatan Warunggunung, Lebak - Banten dampingi kelompok tani tanam kacang panjang di lahan seluas dua hektar. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Babinsa Desa Padasuka Serda Supriatna, yang juga anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 0302/Warunggunung Puri Komando Distrik Militer (Kodim) 0603/Lebak, melaksanakan pendampingan tanam kacang panjang terhadap Kelompok Tani Permata Desa di areal lahan seluas dua hektar, Senin (24/9/2019).

Tujuan dari pendampingan tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya Babinsa Koramil 0302/Warunggunung dalam membantu para petani mempercepat masa tanam kacang panjang agar mendapatkan hasil yang bagus.

"Tanaman sayuran jenis kacang panjang ini mudah untuk di tanam, selain itu kacang panjang ini banyak dicari dan di gemari masyarakat dan mudah untuk di pasarkan. Kalau mudah di pasarkan dan banyak di cari, otomatis ekonomi keluarga petani akan terbantu dari hasil penjualan sayuran kacang panjang ini,"ujar Supriatna.

Ia menambahkan, pada penanaman sayuran jenis kacang panjang itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh petani. Antara lain pemilihan bibit, persiapan Iahan, proses penanaman dan penyuIaman tanaman dengan maksud agar bibit yang ditanam tidak mati.

Kehadiran Babinsa dalam pendampingan kelompok tani juga disambut baik oleh kelompok tani di desa setempat. Ketua Kelompok Tani Permata Desa Suherman mengatakan, setelah dua hari wilayah Desa Padasuka diguyur hujan, aktifitas pertanian sudah mulai menggeliat dengan dimulainya penanaman kacang panjang seluas dua hektar didampingi anggota TNI.

"Insya Allah, setelah beres penanaman kacang panjang ini, kami bersama TNI akan melaksanakan program penanaman jagung dan padi gogo. Masing - masing di lahan seluas 10 hektar yang lokasinya berdampingan dengan lokasi penanaman kacang panjang ini. Sekarang lahannya sedang dalam penggarapan, mudah-mudahan program ini dapat membantu ketahanan pangan di Kabupaten Lebak," tukas Suherman. (Gun/TN3)

Komentar