Banten Defisit Sapi Kurban, DPRD: Bikin Program Lumbung Ternak Masyarakat!

Ilustrasi sapi kurban. (Dok: jualansapi)Ilustrasi sapi kurban. (Dok: jualansapi)

SERANG, TitikNOL - Program lumbung ternak masyarakat dinilai perlu dicanangkan di Provinsi Banten. Keberadaan lumbung ternak masyarakat yang dilaksanakan di lokasi yang memiliki potensi sumber daya, sesuai dengan kebutuhan program, yaitu hewan ternak (kambing dan sapi) serta sumber pakan.

Hal tersebut agar Banten mandiri dalam memenuhi kebutuhan daging sapi dan kambing yang hampir selalu kekurangan saat Idul Adha.

"Bentuk program itu dapat berupa pembibitan atau penggemukan ternak, dengan seluruh prosesnya melibatkan masyarakat,” papar Sekretaris Komisi V DPRD Banten, Fitron Nur Iksan, Selasa (30/8/2016).

Baca juga: Jelang Idul Adha, Banten Kekurangan Sapi dan Domba Kurban

Nantinya, kata Fitron, masyarakat peternak juga diedukasi, diberikan pelatihan dengan didampingi tenaga ahli dalam menjalankan aktivitas pengelolaan ternak hingga pengolahan dan pengembangan pakan ternak khusus yang lebih sehat bagi ternak dan lebih menguntungkan bagi peternak.

"Jadi, ketika mau Idul Adha, para pedagang hewan kurban tidak lagi membeli dari daerah luar Banten. Dengan adanya lumbung ternak itu kebutuhan akan dapat terpenuhi dari peternak lokal dari hasil program itu," ujar Fitron.

Selain menghidupkan roda ekonomi masyarakat peternak, lanjut dia, lumbung ternak masyarakat juga menyiapkan stok hewan kurban yang sehat, berkualitas dan sesuai standar syariah kurban.

"Ini penting dilakukan pemprov. Komisi V mendorong agar program itu ke depan segera dilaksanakan," imbuhnya. (Kuk/rif)

Komentar