Gelar Rakor Internal, FWM Maksimalkan Kompetensi Jurnalis di Lebak Selatan

Suasana rapat koordinasi sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Malingping Lebak Selatan (FWM Baksel) di De Batete Resto dan Lesehan, tepatnya di Desa Kadujajar, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: TitikNOL)
Suasana rapat koordinasi sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Malingping Lebak Selatan (FWM Baksel) di De Batete Resto dan Lesehan, tepatnya di Desa Kadujajar, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Malingping Lebak Selatan (FWM Baksel), menggelar rapat koordinasi internal di De Batete Resto dan Lesehan, tepatnya di Desa Kadujajar, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (10/05/2021). Dalam kegiatan itu, kaderisasi dan peningkatan kompetensi jurnalis menjadi pembahasan utama.

Kusnadi, Ketua FWM Baksel mengatakan, kegiatan itu dilakukan sebagai ajang meningkatkan kekompakan dan sinergitas pengurus dan anggota.

"Dan kali ini, kita fokus membahas kaderisasi serta peningkatan kompetensi jurnalis yang tergabung di FWM Baksel. Untuk itu saya meminta masukan-masukannya kepada rekan-rekan semua," ujar Kusnadi.

Di tempat sama, jurnalis lainnya A. Riefai alias Opay menuturkan, pengkaderan sangat diperlukan di FWM, demi terciptanya jurnalis yang mumpuni dan berkualitas di Lebak Selatan.

"Saya rasa sangat dipandang perlu, agar FWM Baksel ini benar-benar konkrit dan segera melakukan pengkaderan. Selain itu juga saya ingin, semua anggota yang tergabung untuk lebih aktif dalam melaksanakan tugas sebagai jurnalis," tuturnya.

Senada disampaikan Pembina FWM Baksel Chaedar Widodo. Menurutnya, wartawan itu identitasnya dari menulis yang sifatnya eksis artinya periodik.

"Untuk itu, saya berharap kepada semuanya untuk selalu rajin menulis dan memberikan informasi kepada publik dengan akurat dan sesuai dengan kode etik jurnalistik," terang Widodo.

Sementara, Sohib A Malik yang juga Pembina FWM Baksel mengungkapkan, seluruh jurnalis yang tergabung di FWM Baksel harus memiliki kepekaan terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi khususnya di Lebak Selatan.

"Harus cepat bertindak dan menginformasikan, agar kita semua menjadi barometer informasi khususnya di Lebak Selatan," kata Sohib.

Di tempat yang sama, Rahmat Hidayat alias Mati Samyong, Ketua Bidang Organisasi dan Pengkaderan menegaskan, pembahasan kali ini merupakan tupoksi bidang organisasi dan pengkaderan.

"Oleh karena itu, Saya akan segera melaksanakannya dalam waktu dekat ini," tegas Mat Samyong.

Mat Samyong menambahkan, agar FWM Baksel meningkatkan berita berita kritis (kontrol).

"Namun harus sesuai dengan fakta di lapangan, sebagai jurnalis kita semua harus serba hati hati dalam menyajikan informasi," katanya.

Di akhir pembahasan, Usep Setiana, Sekjen FWM Baksel, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota FWM Baksel yang telah turut serta dalam kegiatan ini.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada teman teman semua, dua tahun tentunya menjadi tolak ukur kebersamaan kita dimana hingga saat ini kita semakin diberikan kekompakan, yang terpenting adalah kita sama sama memiliki dan punya rasa untuk menghidupkan kan organisasi kita yakni FWM Baksel," terang Usep. (TN1)

Komentar