Hari Terakhir PLS, Siswa SMPN 1 Cilegon Basuh Kaki dan Sungkem Ke Orangtua

Siswa SMPN 1 Cilegon saat membasuh kaki dan sungkem kepada orangtua. (Foto: TitikNOL)
Siswa SMPN 1 Cilegon saat membasuh kaki dan sungkem kepada orangtua. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL – Ratusan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cilegon, melaksanakan prosesi basuh kaki dan sungkeman kepada orangtua untuk memohon doa restu dalam menempuh pendidikan SMP.

Kegiatan yang berlangsung di halaman SMPN 1 Cilegon pada Rabu (19/7/2017) siang ini, para siswa didik baru di sekolah itu bersimpuh di hadapan orangtua masing-masing yang duduk di kursi sebelum akhirnya basuh kaki dan sungkem.

Setelah basuh kaki dan sungkem, orangtua siswa juga mendoakan anak-anaknya sebelum akhirnya menyerahkan anak mereka ke pihak sekolah untuk menempuh pendidikan. Bahkan, tidak sedikit anak-anak dan orangtua meneteskan air mata.

Kepala SMPN 1 Cilegon, Rulyanto mengatakan, prosesi membasuh kaki orangtua dan sungkem itu merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMPN 1 Cilegon.

"Setelah basuh kaki dan sungkem, orangtua siswa langsung menyerahkan atau menitipkan anak mereka yang akan menempuh pendidikan ke kami (Pihak sekolah)," kata Rulyanto.

"Kalau di sekolah memang tanggung jawab kami untuk memberikan pendidikan kepada siswa, tapi orangtua tidak bisa lepas begitu saja. Mereka juga harus memberikan pendidikan juga kepada anak mereka di rumah, "ungkapnya.

Prosesi basuh kaki dan sungkem itu baru pertama kali diselenggarakan di SMPN 1 Cilegon. Dalam tahun ajaran 2017/2018, SMPN 1 Cilegon menerima sebanyak 256 peserta didik baru yang terbagi delapan kelas.

"Kepada bapak dan ibu guru, saya menitipkan anak saya di sekolah ini agar mendapatkan pendidikan yang sebaik-baiknya. Adapun kalau anak saya salah atau nakal silahkan saja ditegur demi kebaikan anak saya sendiri," ungkap salah satu orangtua siswa, Rita Andriani. (Ardi/red)

Komentar