Hasbi Jayabaya Ingatkan Pentingnya Nilai Keberagaman

Kegiatan reses yang dilakukan anggota Komisi VIII DPR RI Hasbi Asyidiki Jayabaya di Rumah Aspirasi Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 109, Desa Kadu Agung Timur, Kecamatan Cibadak. (Foto: TitikNOL)
Kegiatan reses yang dilakukan anggota Komisi VIII DPR RI Hasbi Asyidiki Jayabaya di Rumah Aspirasi Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 109, Desa Kadu Agung Timur, Kecamatan Cibadak. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Anggota Komisi VIII DPR RI Hasbi Asyidiki Jayabaya, menggelar reses dengan mensosialisasikan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, di Rumah Aspirasi Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 109, Desa Kadu Agung Timur, Kecamatan Cibadak, belum lama ini.

Dalam kegitan itu Hasbi mengatakan, keberagaman yang majemuk harus menjadi bagian dari kekuatan menuju Indonesia sejahtera. Kekuatan itu, salah satunya dengan menjaga kearifan lokal yang memiliki nilai luhur sebagai inspirasi pemersatu bangsa.

“Indonesia sangat beragam dan majemuk, seperti halnya di Kabupaten Lebak yang memiliki banyak sekali potensi kearifan lokalnya. Keberagaman inilah yang harus dijaga, karena ini aset yang harus dipertahankan sebagai kekuatan Indonesia sejahtera,” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Menurutnya, nilai-nilai kebangsaan tidak terlepas dari keberagaman akan potensi kearifan lokal yang dimiliki bangsa ini. Oleh karena itu, kearifan lokal dengan azas kebersamaan dan kemajemukannya harus menjadi roh dalam setiap langkah mengawal negara ini, karena arti penting kemerdekaan yang dilakukan para pejuang terdahulu ada pada rasa kebersamaan itu sendiri, bukan atas sikap individualisme.

“Persatuan dan kesatuan adalah nilai-nilai yang harus terpatri di setiap anak bangsa, agar keutuhan dan kedaulatan negara tetap terjaga, sehingga keberagaman yang majemuk harus menjadi satu kekuatan menuju Indonesia sejahtera,” ucapnya.

Empat Pilar Kebangsaan, kata dia, harus terus disuarakan kepada masyarakat agar dapat menggugah, memahaminya dan kemudian mengamalkan nilai-nilai dasar yang ada dalam empat pilar kebangsaan tersebut. Sebab, ke empat pilar itu merupakan hal dasar sebagai landasan berdiri dan tegaknya bangsa Indonesia.

“Dengan memahami, maka diharapkan bisa mewujudkan cita cita dasar luhur kemerdekaan bangsa kita. Yaitu dengan negara yang berdaulat, adil dan makmur, agar nantinya bisa kita kawal bersama sama,” ucapnya. (Gun/red)

Komentar