Kapolres Serang Ibaratkan Wartawan dan Polisi Seperti Suami Istri

Suasana silaturahim Kapolres Serang AKBP Wibowo dengan puluhan wartawan di sebuah rumah makan di Kota Serang. (Foto: TitikNOL)
Suasana silaturahim Kapolres Serang AKBP Wibowo dengan puluhan wartawan di sebuah rumah makan di Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Kapolres Serang AKBP Wibowo mengatakan, hubungan Polri dengan wartawan bagaikan pasangan suami istri yang saling membutuhkan. Antara lembaga profesi harus mendukung satu sama lain.

Oleh karenanya, kata Kapolres, dirinya sangat terbuka kepada para jurnalis dalam memberikan informasi yang dibutuhkan sebagai sarana publikasi.

"Mutualisme simbiosis, saling membutuhkan satu sama lain. Persis seperti kehidupan rumah tangga. Tugas Polri tidak akan diketahui masyarakat jika tidak ada keterlibatan rekan media, begitupun informasi yang dibutuhkan kita terbuka," kata Kapolres saat bersilaturahim dengan puluhan wartawan di sebuah rumah makan di Kota Serang, Selasa (24/10/2017).

Baca juga: Aksi Solideritas Berlanjut, Wartawan Cilegon Desak Kapolres Serang Kota Dicopot

Menyinggung dengan insiden yang terjadi beberapa hari lalu antara wartawan dengan oknum Polres Serang Kota, Kapolres mengatakan merupakan hal yang biasa terjadi dalam situasi yang cepat berubah.

"Kadang kita dihadapi pada posisi yang tidak menguntungkan, baik personel kepolisian maupun rekan media disaat situasi demo seperti itu," ujar Kapolres.

"Itu pernah saya alami sendiri, tapi alhamdulillah wartawan sangat memahami. Tapi insiden kemarin memang tidak wajar, namun itu kita jadikan suatu pembelajaran bagi kami. Dan kejadian itu sudah menjadi atensi Bapak Kapolda," tegasnya.

Mantan Kapolres Kediri Kota ini berharap, jika ada pola pandang yang berbeda prinsip bisa dikomunikasikan secara langsung dan tidak saling menjatuhkan.

Jika perbedaan ini dikomunikasikan melalui media, menurutnya justru akan menimbulkan permasalahan.

"Saya berharap segala persoalan yang terjadi dikomunikasikan secara langsung. Apa yang kita jalin selama ini mari kita lanjutkan," harapnya. (hr/red)

Komentar