Kapolri Himbau Masyarakat Banten Tak Ikut Aksi 112

Kapolri, Jenderal Titi Karnavian. (Dok: republika)Kapolri, Jenderal Titi Karnavian. (Dok: republika)

SERANG, TitikNOL – Jelang pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian memberikan himbauan khusus kepada masyarakat Banten. Di mana, masyarakat Banten diminta tidak ikut aksi 112 yang akan berlangsung di DKI Jakarta.

Seperti diketahui bersama, seluruh umat muslim di Indonesia akan melakukan aksi jalan kaki pada 11 Februari 2017 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat.

Tito menyampaikan, masyarakat Banten lebih baik fokus menggunakan hak pilihnya dan memilih kepala daerah yang benar-benar bisa memajukan Banten.

"Memang ini demokrasi. Masyarakat dengan sistem demokrasi seperti ini menjadi terbelah kepada pilihan masing-masing. Tapi, saya berharap jangan sampai keterbelahan ini menjadi saling menghancurkan dan menjadi konflik fisik dan anarkis," ungkapnya saat ditemui di Pondok Pesantren An-Nawawi, Tanara, Kabupaten Serang.

Terkait aksi sendiri, Kapolri mengungkapkan, kemungkinan besar akan dialihkan ke Mesjid Istiqlal.

"Dengan adanya larangan dari KPU, Panwaslu kapolda yang didukung Pangdam Jaya, aksi jalan kaki akan dialihkan ke istiqlal karena ini murni keagamaan," kata Kapolri.

Kapolri pun meminta kepada para calon kepala daerah, jika nanti menang ataupun kalah agar bisa menerima dan tidak bertindak anarkis. “Yang menang juga pasti ada satu. Yang menang jangan euforia berlebihan dan yang kalah jangan kecewa,” pungkasnya. (Meghat/Rif)

Komentar