Pemeringkatan KIP 2016 Dimulai

Ilustrasi KIP. (Dok: klikbalikpapan)Ilustrasi KIP. (Dok: klikbalikpapan)

CILEGON, TitikNOL - Agenda Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2016 terhadap badan publik telah dimulai. Komisi Informasi (KI) Banten telah mendatangi delapan kabupaten kota guna sosialisasi terkait hal ini.

Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi pada KI Banten, Hilman, mengatakan, pada dasarnya kegiatan ini guna memotivasi badan publik meningkatkan pelayanan informasi publik.

"Ini juga untuk mendorong agar lembaga-lembaga publik melakukan upgrade pelayanan informasi," katanya saat mendatangi Kominfo Pemkot Cilegon, Selasa (6/9/2016)

Ia mengatakan, sejumlah agenda telah ditetapkan berkaitan denga ajang KIP 2016. Diawali dengan sosialisasi pada September, dilanjutkan dengan mengirimkan Kuesinoner Penilaian Mandiri atau Self Assesment Questioner (SAQ).

"Oktober kami akan pantau website mereka. Terkait penilaian sendiri, akan dilakukan Desember," ujar Hilman.

Pemkot Cilegon sendiri meraih predikat buruk untuk KIP 2015, yakni bertengger di peringkat tujuh dari delapan kabupaten kota di Banten. Terkait hal ini, Kasubag Sanditel Bagian Kominfo Setda Pemkot Cilegon, Samsul Arif, menargetkan masuk tiga besar pada KIP 2016 ini.

"Tahun lalu kami memang kalah saing, padahal kami sudah melakukan yang terbaik. Tapi tahun ini kami akan lebih update dan upgrade lagi. Insha Allah target kami masuk tiga besar," katanya. (quy)

TAG kip
Komentar
Tag Terkait