Sempat Hilang di Gunung Pulosari, 6 Mahasiswa Untirta Pulang dengan Selamat

Ilustrasi. (Dok: Merdeka)
Ilustrasi. (Dok: Merdeka)

SERANG, TitikNOL - Pendakian 13 mahasiswa Untirta ke Gunung Pulosari mengalami kondisi mengkhawatirkan. Pasalnya, 6 mahasiswa dari rombongan itu sempat dinyatakan hilang saat mendaki gunung di wilayah Kabupaten Pandeglang tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, insiden mencekam tersebut terjadi sejak Minggu (11/11/2018) pagi. Keenam orang yang dinyatakan hilang itu yakni Claudio (18), Nazhan (18) Jujun (19) Aldan (19 ) Indri (18), Dinda (18), mahasiswa Fakultas Pertanian dan Fakultas Ilmu Sosial dan Pendidikan (Fisip) Untirta.

Awalnya, ke-13 mahasiswa tersebut melakukan pendakian secara bersama-sama ke Gunung Pulosari. Sesampainya di sana, rombongan mendirikan tenda untuk istirahat di kawah gunung tersebut.

Setelah beristirahat, paginya rombongan mahasiswa tersebut memutuskan untuk naik ke puncak Gunung Pulosari. Sebelum turun kembali, mereka membagi tim menjadi 2 kelompok. Tujuh orang turun ke kawah untuk membereskan perlengkapan, sedangkan enam orang lainnya berada di puncak gunung.

Namun sialnya, saat dua orang dari kelompok yang turun ke kawah naik kembali ke puncak untuk mengecek keberadaan teman-temannya itu, keenam orang tersebut sudah tidak berada di tempat. Suasana panik semakin membesar lantaran keenamnya diketahui tidak memiliki logistik dan perlengkapan saat berada di puncak gunung.

Begitu mendapatkan informasi tersebut, tim dari Basarnas Banten langsung mendatangi lokasi untuk mencari keberadaan keenam mahasiswa Untirta itu. Basarnas membagi timnya menjadi empat kelompok untuk melakukan penyusuran di sejumlah akses masuk Gunung Pulosari.

Sampai akhirnya, Minggu (11/11/2018) pagi, keenam mahasiswa Untirta tersebut berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Keenamnya diketahui tersesat saat mencoba turun dari Gunung Pulosari.

"Terpisah saat berada di jalur puncak," kata salah satu tim yang ikut melakukan pencarian bersama Basarnas Banten Andi Rulipabenteng kepada TitikNOL, Senin (12/11/2018).

Andi juga memastikan keenam mahasiswa itu sekarang sudah pulang dan dibawa oleh keluarganya masing-masing. Namun berdasarkan informasi yang diterima, dua mahasiswa diantaranya harus dilakukan ke puskesmas setempat lantaran mengalami hipotermia setelah satu hari menyusuri jalur Gunung Pulosari.

Dihubungi terpisah, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Untirta Suherna juga memastikan keenam mahasiswanya tersebut sudah ditemukan dan pulang dengan keadaan selamat.

"Sudah pulang dan selamat semua," kata Suherna. (Tolib/TN3)

Komentar