Situ Ciunem Ambrol, Konsultan Teknis: Saya Dikontrak hanya Selama Proyek Saja

Kondisii Situ Ciunem terlihat sudah ambrol meski baru selesai dikerjakan. (Foto: TitikNOL)
Kondisii Situ Ciunem terlihat sudah ambrol meski baru selesai dikerjakan. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Konsultan Teknis Proyek Situ Ciunem yang berlokasi di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, bersikukuh bahwa ambrolnya Situ Ciunem bukan lagi tanggungjawab pihak konsultan.

Kata Ali, selaku konsultan teknis di proyek itu, dirinya hanya dikontrak oleh perusahaan penyedia jasa konsultan asal daerah Padang, Sumatera Barat yakni PT. Rezky Bima Cipka Konsultan, selama kegiatan proyek dilaksanakan hingga serah terima pertama atau PHO.

Ali pun mengaku, bahwa dirinya bukan karyawan atau konsultan tetap di perusahaan penyedia jasa konsultan PT. Rezky Bima Cipka konsultan.

"Saya itu kan bukan orang tetap, saya dikontrak selama proyek saja. Kalau sekarang saya bukan orang konsultan, nganggur," ujar Ali, Rabu (11/10/2017).

Baca juga: Soal Situ Ciunem yang Ambrol Meski Baru Rampung, Konsultan Teknis 'Cuci Tangan'?

Menurutnya, perencanaan pengerjaan proyek rehabilitasi Situ Ciunem sudah sesuai spek teknis dan perhitungan sudah dilakukan secara seksama secara keteknisan.

"Sesuai spek teknis itu sudah dilakukan, tapi karena ada hal-hal yang tidak terduga sebelumnya sehingga hal itu terjadi. Kalau menurut saya itu terjadi (Ambrol) akibat adanya air yang terkonsentarasi saat hujan lebat itu, itu di luar jangkauan dan perkiraan perencanaan awal," tukas Ali.

Ali menambahkan, jika pun akibat ambrolnya Situ Ciunem tersebut, dirinya diminta bantuan oleh pihak PPK Situ dan Embung BBWSC3 Banten.

Hal itu kata Ali hanya merupakan tanggungjawab moral dirinya untuk membantu pihak PPK.

"Seluruhnya merupakan tanggungjawab kontraktor, karena masih ada sisa waktu masa pemeliharaan. Mereka (kontraktor) masih memiliki dana jaminan pemeliharan sebesar lima persen dari nilai proyek," imbuh Ali.

Sementara, informasi lain diperoleh TitikNOL, bahwa perusahaan penyedia jasa konsultan yakni PT. Rezky Bima Cipka Konsultan asal Padang -Sumbar itu, disebut-sebut perusahaan penyedia jasa konsultan yang diduga benderanya digunakan oleh salah seorang oknum pengawai BBWSC3 Banten yang kabarnya merupakan keluarga salah seorang mantan pejabat BBWSC3 Banten, untuk memenangkan tender/lelang paket penyedia jasa konsultan pada proyek Situ Ciunem.

Diberitakan sebelumnya, Situ Ciunem di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak yang baru rampung dikerjakan 1,5 bulan ambrol, pada Minggu (8/10/2017) lalu.

Proyek rehabilitasi Situ tersebut dilaksanakan pengerjaannya oleh perusahaan kontraktor PT. Ayu Mustika Rizki dengan nilai proyek sebesar Rp3.2 miliar sumber dana APBN kementerian PUPR, Dirjen SDA melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau - Ciujujng - Cidurian (BBWSC3) Banten tahun anggaran 2017. (Gun/red)

Komentar