Tak Direspon Pemerintah, Warga Gotong Royong Betulkan Sungai yang Abrasi

Anggota Koramil 0315 Bayah Bersama Warga saat Membetulkan Bantaran Sungai yang Abrasi. (Foto: TitikNOL)
Anggota Koramil 0315 Bayah Bersama Warga saat Membetulkan Bantaran Sungai yang Abrasi. (Foto: TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Kondisi sungai cimadur yang saat ini sering banjir akibat datangnya musim penghujan, mengakibatkan daerah aliran sungai (DAS) mengalami abrasi.

Hal itupun membuat tiga rumah yang ada di bantaran sungai tepatnya di Kampung Kongsi Bayah Tugu, RT. 04/09 rusak parah dan sebagian tergerus air sungai yang meluap.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, sejumlah warga di wilayah itu melakukan aksi gotong royong membetulkan bantaran sungai yang abrasi, Jumat (15/12/2017).

Ditemui di lokasi kegiatan, Ridwan, Kepala Desa Bayah Barat, Kecamatan Bayah mengaku, kegiatan tersebut merupakan bentuk kesadaran masyarakat dalam membantu warga lainnya.

Di sisi lain, pengajuan program yang dilayangkan ke pemerintah hingga saat ini belum ada realisasinya.

"Saya mengajukan agar pihak pemerintah secepatnya memberikan bantuan, tapi hingga saat ini kami belum mendapat perhatian. Jika dibiarkan, saya khawatir akan ada korban dan menambah kerugian warga," ujar Ridwan kepada wartawan.

Pantauan di lokasi, selain dibantu warga, kegiatan gotong royong juga dibantu oleh sejumlah anggota TNI dari Koramil Bayah.

Para warga membangun sodetan di sepanjang bantaran Sungai Cimadur, dengan panjang mencapai 1.000 meter. (Ryan/red)

TAG bayah
Komentar