Pengabdian di Desa Tertinggal

Tanamkan Nilai Kebangsaan Sejak Dini, Mahasiswa Untirta Jaring 35 Anak SD di Pandeglang

Sejumlah mahasiswa Untirta Jurusan Sosiologi saat mengenalkan nilai-nilai kebangsaan kepada puluhan anak. (Foto: TitikNOL)
Sejumlah mahasiswa Untirta Jurusan Sosiologi saat mengenalkan nilai-nilai kebangsaan kepada puluhan anak. (Foto: TitikNOL)

PANDEGLANG, TitikNOL – Rangkaian kegiatan pengabdian sejumlah mahasiswa dari Untirta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Sosiologi, di Kampung Gobang, Desa Batu Ranjang, kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang memasuki hari kedua.

Di hari kedua yakni pada Selasa (14/6/2016) itu, mahasiswa mengajak sekitar 35 anak-anak tingkatan SD untuk mengikuti proses belajar mengajar, dengan materi tentang Nilai-nilai kebangsaan serta pengenalan kepancasilaan.

Dalam kegiatan yang dilakukan di salah satu majlis talim di kampung tersebut, puluhan peserta anak-anak itu terllihat antusias. Terlebih para mahasiswa juga memberikan hadiah buku dan peralatan sekolah kepada para peserta.

Dikatakan Faisal Dudayef, salah satu panitia dalam kegiatan tersebut, pengenalan nilai-nilai Pancasila dan kebangsaan sejak dini sangat perlu dilakukan. Karena menurut Faisal, dengan dikenalkannya sejak awal, diharapkan akan membentuk karakter anak untuk lebih menjalankan nilai Pancasila.

"Mengajar hari ini difokuskan pengenalan nilai kebangsaan  dan Pancasila. Harapannya, dengan dikenalkannya sejak dini, anak-anak akan menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari,” ujar Faisal di lokasi kegiatan.

Sementara itu Nunung, salah satu orang tua yang mendampingi anaknya ikut dalam kegiatan itu, mengaku sangat terbantu dengan penyampaian materi tentang nilai kebangsaan dari para mahasiswa Sosiologi.

"Kegiatan mengajar ini sangat baik bagi semangat belajar anak-anak yang masih usia muda. Lihat saja anak saya terlihat semangat, apalagi ada hadiahnya pula,” ujar Nunung.

Selain mengadakan kegiatan ini, mahasiswa pun akan melakukan beberapa kegiatan sosial lainnya di desa tersebut. (red)

Komentar