Pengabdian di Desa Tertinggal

Mahasiswa Sosiologi Untirta Bidik Kesadaran Masyarakat Akan Kebutuhan Terhadap Pendidikan

Sejumlah mahasiswa Untirta jurusan Pendidikan Sosiologi, saat melakukan kegiatan belajar mengajar di Desa Batu Ranjang, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang. (Foto: TitikNOL)
Sejumlah mahasiswa Untirta jurusan Pendidikan Sosiologi, saat melakukan kegiatan belajar mengajar di Desa Batu Ranjang, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang. (Foto: TitikNOL)

PANDEGLANG, TitikNOL - Lembaga Semi Otonom (LSO) Pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), menggelar kegiatan Pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah/Awaliyah PII Gobang, Desa Batu Ranjang, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan ini, telah memasuki hari ketiga dari lima hari kegiatan pengabdian pada masyarakat tentang seminar dan motivasi yang diikuti oleh puluhan warga Batu Ranjang dan sekitarnya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Sekretaris Jurusan Pendidikan Sosiologi Untirta Rizki Setiawan turut andil memaparkan tentang pentingnya pendidikan bagi kelangsungan kehidupan sosial. Dikatakan Rizki setiawan, peran pendidikan terutama adalah untuk menjalankan fungsi reproduksi sosial masyarakat.

"Yaitu bagaimana pengetahuan dan keterampilan sosial ditransmisikan dari generasi ke generasi," kata dia.

Mendapat pengarahan ini, Tatang seorang tokoh masyarakat menilai bila seminar sangat bermanfaat dan membantunya dalam semangat menyekolahkan putra dan putrinya ke jenjang yang lebih tinggi. Harapannya, mahasiswa mampu berbuat banyak dalam setiap pembangunan di daerah.

Baca juga : Tanamkan Nilai Kebangsaan Sejak Dini, Mahasiswa Untirta Jaring 35 Anak SD di Pandeglang

Agnes Gresy Tania, Ketua Pelaksana seminar dan motivasi menjelaskan, pendidikan merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap generasi penerus bangsa. Baik dalam pendidikan formal (sekolah), informal dan non formal melalui keluarganya.

"Kami senang bila melalui seminar ini, harapan kami mewujudkan SDM masyarakat berkualitas secara pendidikan terus tumbuh. Keinginan dan kesadaran masyarakat di pelosok untuk bersekolah maupun menyekolahkan anak hingga jenjang tertinggi yang mampu diraih, menjadi apresiasi bagi kami," papar Agnes.

Selain Sekretaris Jurusan, materi seminar juga diberikan oleh beberapa mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dan berprestasi selama masa pendidikan di jurusan Pendidikan Sosiologi Untirta. (red)

Komentar