Jelang Pilgub Banten 2017

Debat Kandidat Pilkada, KPU Banten Undang Lima Pakar Ahli

Komisioner KPU Banten, Syaeful Bahri> (Dok: bantennews)Komisioner KPU Banten, Syaeful Bahri> (Dok: bantennews)

SERANG, TitikNOL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten, berencana akan menghadirkan lima pakar ahli sesuai bidang keilmuannya masing-masing, dalam pelaksanaan debat kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2017 mendatang.

Dijelaskan Komisioner KPU Banten Syaeful Bahri, kelima pakar tersebut terdiri dari Rektor IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten Fauzul Iman, Rektor Untirta Soleh Hidayat, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhamadiyah Jakarta Endang Sulastry, Guru Besar Ekonomi UIN Jakarta Ahmad Rodoni dan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lili Romli.

"KPU sudah memplenokan tim pakar dalam debat kandidat. Kelima pakar ahli itu sudah kami tunjuk untuk menjadi tim perumus pertanyaan-pertanyaan yang akan disampaikan dalam debat," kata Syaeful usai menghadiri Sosialisasi Pilkada Banten 2017 dan Launching Pilgub Cerdas hasil kerjasama dengan BEM Serang di Aula Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Indonesia (PEPABRI) Banten, Selasa (29/11/2016).

Selain itu, KPU menurut Syaeful juga telah menetapkan agenda pelaksanaan debat kandidat dua pasangan calon Pilkada mendatang. Rencananya kata Syaeful, debat ini akan dilangsungkan selama tiga kali sesuai dengan jadwal yang telah KPU tentukan.

"Karena memang jatahnya maksimal tiga kali, kami rencanakan debat ini dilaksanakan di akhir Bulan Desember 2016, pertengahan Bulan Januari 2017 dan diawal Bulan Februari 2017. Debat ini juga nantinya akan disiarkan langsung oleh stasiun tv nasional," ungkap Syaiful. (Meghat/Rif)

Komentar