Jelang Pilgub Banten 2017

Gerindra Jadikan PKS Rival Politik di Pilgub Banten

Ilustrasi Partai Gerindra. (Dok: Indowarta)
Ilustrasi Partai Gerindra. (Dok: Indowarta)

SERANG, TitikNOL – DPD Gerindra Banten menegaskan, jika koalisi yang sempat digagas dengan PKS di Pilgub Banten telah bubar. Bahkan, Gerindra menegaskan jika saat ini PKS menjadi rival politik di Pilgub Banten 2017.

“Sekarang kami bersebarangan dengan PKS dan menjadi rival politik di Pilgub Banten. Secara otomatis koalisi yang digagas kemarin bubar dengan sendirinya,” ujar Wakil Ketua DPD Gerindra Banten Ade Hidayat, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (15/8/2016).

Menurut Ade, langkah yang dilakukan PKS dengan memberikan dukungan kepada Wahidin Halim-Andika Hazrumy tanpa konfrmasi kepada pihaknya, membuat seluruh jajaran di Gerindra Banten kecewa.

“Membuat kami kecewa (langkah PKS), karena tidak ada pembicaraan lagi. Maka tentu Gerindra harus segera menentukan arah koalisinya, kami mengikuti fatsun DPP,” kata Ade.

Ade menjelaskan, saat ini komunikasi dengan PDI Perjuangan sedang berjalan dan kemungkinan kuat pihaknya akan berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilgub Banten. Namun demikian, pihaknya tetap akan melakukan dua opsi dalam langkah arah politik Gerindra di Pilkada Banten.

Opsi pertama yakni berkoalisi dengan PDI Perjuangan dan mengusung Rano Karno di Pilgub Banten, yang ke dua membentuk poros tengah. Namun opsi poros tengah bisa dibentuk setelah melihat arah koalisi PPP dan NasDem Banten.

“Tergantung PPP dan NasDem. Jika dua partai itu bertahan dan tidak jadi koalisi dengan PDI P, kemungkinan membentuk poros tengah bisa terjadi,” tukasnya. (Red)

Komentar