Survei RDI: Popularitas Eki Baehaki Kalahkan Petahana

Survei Pilkada Kabupaten Serang 2020-2025. (Foto: TitikNOL)
Survei Pilkada Kabupaten Serang 2020-2025. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL – Lembaga survei Rilis Data Indonesia (RDI), merilis popularitas Bakal Calon (Balon) Bupati Serang. Hasilnya, bakal calon Bupati Serang Eki Baehaki, menjulang tinggi mengalahkan petahana Ratu Tatu Chasanah.

Wakil Direktur RDI Surya Anom mengatakan, ada 500 responden dari berbagai latar belakang pendidikan dalam rilis survei. Di antaranya pria 292 orang atau 58,4 persen dan perempuan 208 atau 41,6 persen dengan margin eror 4,38 persen.

Dari nama-nama yang dipilih masyarakat, popularitas Eki Baehaki mencapai 34,4 persen. Angka itu mengalahkan popularitas Tatu Chasanah yang mencapai 21,4 persen. Kemudian popularitas peringkat ketiga ada pada Ida Rosida yang mencapai 19,6 persen. Sedangkan nama-nama lainnya dibawah 7 persen.

"Laki-laki 292 orang atau 58,4 persen dan perempuan 208 orang atau 41,6 persen. Desa ada 326, Desa padat 2 responden. Jumlah responden 500 orang. Dari berbagai latar belakang lulusan SD, SMP, SMA, S1," katanya kepada awak media, Kamis (20/02/2020).

Ia menjelaskan, nama-nama yang dipilih dan tercatut dalam survei itu berdasarkan hasil survei tim RDI dari data pemberitaan media. Menurutnya, survei ini dilakukan dengan cara pertanyaan tertutup dan terbuka. Artinya, masyarakat bisa menentukan calon yang diketahui atau mengisi data nama yang disediakan.

Dikatakan Surya, kepopuleran Eki ini terdampak dari sosok ayahnya Ahmad Taufik Nuriman (ATN) yang merupakan tokoh masyarakat dan mantan Bupati Serang. Pada saat tim menyodorkan koresponden, masyarakat cenderung menanyakan nama dari anak ATN tersebut untuk dipilihnya.

Dari ketiga Balon yang terpopuler itu, Eki mengungguli popularitas masyarakat Serang Timur, Ida Rosida dibagian Serang Selatan dan Tatu Chasanah rata di bagian wilayah Serang.

"Eki mendapat popularitas yang tinggi karena popularitas pak ATN. Karena dilapangan masyarakat selalu menanyakan anak ATN yang mana sebelah timur. Sebelah Selatan yang populer ibu Ida. Suara timur utara dan selatan rata-rata ada walaupun tidak signifikan," terangnya.

Ia menuturkan, apabila pemilihan berlangsung pada hari ini, maka data dari masyarakat cenderung akan memilih Eki Baehaki yang mencapai angka 35,8 persen, Tatu Chasanah mencapai 27,6 persen dan Ida Rosida mencapai 17,8 persen. Sedangkan yang me jawab tidak tahu ada 2,4 persen dan rahasia mencapai 4,6 persen.

Berdasarkan data, kata Surya, responden dari survei popularitas ini didominasi oleh masyarakat yang usianya dari 31 tahun hingga 40 tahun. Usia ini merupakan kategori keemasan dalam sebuah kontestasi pemilihan.

"Masyarakat bukan hanya objek pemilih, tapi dapat menentukan sikap. Masyarakat yang akan menggunakan hak pilih akan melakukan partisipasi dengan baik dengan presentasi 74,4 persen. Belum 14,8 persen dan tidak tahu 10 persen," tukasnya. (Son/TN1)

Komentar