Bondan Winarno, "Kunci Story Telling di Bisnis Kuliner"

(net)(net)

TitikNOL -  Pecinta kuliner dapat mempromosikan kuliner khas yang ada di setiap daerah melalui beragam media, seperti blog hingga media sosial. Namun, penceritaan kuliner juga perlu memperhatikan beberapa hal agar ulasan kuliner lebih menarik.

"Kunci story telling, kalau Anda mau bikin cerita, maka bahan-bahannya harus dikumpulkan dulu sebanyak-banyaknya. Anda harus mengenali kuliner itu baru bisa cerita," terang penulis dan presenter acara kuliner Bondan Winarno.

Bahan yang dimaksud Bondan yakni tentang latar belakang atau sejarah dari kuliner tersebut. Yang juga tidak boleh ketinggalan adalah keterangan bahan dasar dan rempah yang ada dalam kuliner tersebut.

"Keunggulan kuliner Indonesia sangat kaya cita rasa. Coba steak bumbunya apa saja, sangat sedikit. Coba membuat rawon atau rendang, bumbunya lebih dari 10. Itu menunjukkan cita rasanya sangat komplek," katanya di depan para blogger kuliner.

Menurutnya, dengan cara story telling ini dapat menyelematkan kuliner yang hampir hilang, begitu juga dengan rempahnya. "Tidak cukup kita mengatakan 'ini enak'. Harus diceritakan disebar ke medsos atau lainnya, agar orang lain tahu," katanya.

 

 

 

 

Sumber: bisnis.com

Komentar