Malam Ini, Komet Hijau Incredible Hulk Lintasi Bumi

Ilustrasi. (Dok: Pikiranrakyat)
Ilustrasi. (Dok: Pikiranrakyat)

TitikNOL - Sisa-sisa komet hijau PanSTARRS C/2017 S3 atau Incredible Hulk akan terlihat dari Bumi pada 8 Agustus 2018 malam. Komet ini datang dengan jarak 113,4 juta km dari planet Bumi. Ini adalah pertama kalinya komet pernah masuk ke tata surya bagian dalam.

Komet ini terkenal dengan warna hijau dan ukurannya yang besar. Cahaya hijau komet tersebut berasal dari molekul sianida dan karbon yang terionisasi oleh panasnya matahari.

Incredible Hulk pertama kali ditemukan pada bulan September 2017. Komet tersebut pecah pada akhir Juli 2018 saat mendekati matahari. Dilansir dari Popular Mechanics yang mengutip Sky and Telescope, komet tersebut telah mengalami dua kali ledakan, satu pada 30 Juni, dan yang kedua terjadi sekitar dua minggu kemudian pada 16 Juli.

Melihat Incredible Hulk dengan mata telanjang mungkin sedikit rumit. Karena komet itu sangat dekat dengan matahari, ia dengan cepat memudar dari pandangan. Selain itu, badai petir dan awan di berbagai bagian negara dapat menghalangi pandangan untuk melihat komet.

Lebih lanjut, Paul Chodas, manajer Pusat Studi Obyek Dekat-Bumi (NEOS) di Jet Propulsion Laboratory, mengatakan kepada Live Science bahwa komet itu mungkin akan terlihat pada bulan Agustus - sekitar 15 atau 16 Agustus - setelah mengitari matahari dan muncul kembali.

Selanjutnya, jika Anda mencoba untuk melihat komet hijau tersebut di langit, pada Rabu, 8 Agustus 2018, dan Kamis, 9 Agustus 2018 bisa dicoba.

Berita ini telah tayang di tempo.co, dengan judul: Komet Hijau Incredible Hulk Lintasi Bumi Malam Ini

Komentar