Minuman Sampah Ini Memiliki Khasiat Satu Tingkat di Bawah Air Zam-zam

Ilustrasi wedang uwuh. (Dok: sembrethhh)Ilustrasi wedang uwuh. (Dok: sembrethhh)

TitikNOL - Wedang uwuh merupakan minuman tradisional khas Imogiri, Bantul, DIY. Meski memiliki arti minuman sampah, larutan air yang berasal dari rebusan dedaunan dan rempah ini memiliki khasiat yang luar biasa.

Sekretaris Dinas Kesehatan Jawa tengah (Jateng) Suharsi menuturkan, setelah melalui uji labolatorium, kandungan mineral wedang uwuh hanya satu tingkat di bawah air zam-zam. Lantaran hal itu minuman ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

“Kalau dibanding dengan minuman lain, jelas wedang uwuh ini lebih berkhasiat dan bagus untuk badan,” kata Suharsi. Bahkan setelah mengonsumsi wedang uwuh secara rutin selama kurang lebih enam bulan, dia mengaku tingkat kolestrolnya selalu di bawah 220.

Pada awalnya, ia meminum wedang uwuh saat melakukan kunjungan kerja ke Imogiri. Karena rasanya enak, ia pun mulai rutin mengkonsumsi minuman tersebut. Mulanya Suharsi sendiri tidak menyadari khasiat wedang uwuh. Namun setelah mengonsumsinya selama dua bulan, badannya jadi terasa lebih sehat.

“Badan saya jadi enak. Tidak ada efek sampingnya lagi. Dari situ saya penasaran, kok bisa bagus begini khasiatnya. Makanya saya cek kandungan wedang uwuh ke labolatorium,” ujar Suharsi. Setelah ia mengetahui kebaikan dan manfaat dari minuman tersebut, sampai saat ini ia terus melanjutkan konsumsi wedang uwuh secara rutin.

Karena itu setiap hari Jumat, Kantor Dinas Kesehatan Jateng selalu menyediakan wedang uwuh secara gratis bagi siapa pun. Selain wedang uwuh, berbagai minuman tradisional lain juga tersedia secara gratis, seperti secang dan beras kencur.

Sementara itu, Aldrin dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan menjelaskan, jamu atau minuman tradisional memang memiliki kemampuan memelihara kesehatan tubuh. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin akan berdampak positif bagi kesehatan jangka panjang.

“Prinsip sehat itu kan bukan hanya ketika sakit diobati lalu sembuh. Tapi juga bagaimana kita menjaga kesehatan tubuh kita agar jangan sampai sakit,” kata Aldrin. Selain berolahraga dan memakan makanan sehat, mengkonsumsi ramuan tradisional juga dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

Berita ini telah tayang di Republika.co.id, Senin 24 April 2017 dengan judul Berkhasiat, Mineral Wedang Uwuh Setingkat di Bawah Air Zam-Zam

Komentar
Tag Terkait