Pura-pura Kejang di Angkot, Dua Jambret Diamankan Polisi Usai Jalankan Aksinya

Dua jambret asal komplotan Lampung saat diinterogasi petugas Polsek Kragilan. (Foto: TitikNOL)Dua jambret asal komplotan Lampung saat diinterogasi petugas Polsek Kragilan. (Foto: TitikNOL)
SERANG, TitikNOL - Dua dari empat pelaku jambret berhasil diringkus tim reskrim Polsek Kragilan setelah gagal memperdaya seorang ibu rumah tangga di dalam kendaraan angkutan kota (angkot) Cikande - Pakupatan, Selasa (16/1/2018).

Belakangan diketahui, kawanan ini merupakan Kelompok Lampung yang kerap melakukan aksi kejahatan dengan modus berlagak kejang.

Dua tersangka yang diringkus Alpin (33) warga Sukaraja Kulon, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dan Aidi Rahmat (42) warga Sridadi, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Sementara dua pelaku warga Lampung lainnya yang berhasil melarikan diri kini masih dalam pengejaran.

Kapolsek Kragilan Kompol Tosriadi Jamal mengatakan, aksi kejahatan yang dialami Nuryati (34) warga Ciagel, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang ini terjadi sekitar pukul 06.30 WIB. Pagi hari itu, korban hendak mengunjungi kerabatnya di Kota Serang dengan menggunakan kendaraan angkot. Tak lama kemudian, seorang pria naik dan duduk berhadapan dengan korban.

"Selanjutnya tiga pelaku lainnya naik secara berurutan sekitar 10 meter setelah angkot berjalan. Dua orang duduk mengapit, sedangkan dua pelaku lainnya duduk berhadapan," terang Kapolsek ditemui di Mapolsek Kragilan.

Kapolsek menjelaskan, saat angkot melintasi Mapolsek Kragilan tak jauh dari PT Lun Cheong, pelaku yang duduk berhadapan dengan korban tiba-tiba kejang lalu jatuh memegang tangan korban sambil berusaha melepas gelang emas yang dipakai korban. Setelah berhasil mendapat gelang, pelaku yang berpura-pura kejang dengan cepat memberikannya kepada rekannya yang duduk di sisi kiri korban.

"Disaat terjadi kegaduhan, pelaku yang menerima gelang berusaha turun dari angkot. Namun korban tersadar jika gelang emasnya tidak ada lagi di tangan. Korbanpun berusaha teriak minta tolong," kata Kapolsek.

Mengetahui peristiwa tersebut, petugas Polsek Kragilan segera mendatangi lokasi. Setelah mengetahui pelaku melarikan diri, petugas langsung melakukan pengejaran dan berhasil meringkus dua dari empat pelaku. Barang bukti gelang milik korban juga berhasil diamankan dari salah satu pelaku.

"Kedua pelaku masih dalam pemeriksaan namun diakui kawanan Kelompok Lampung ini sudah beberapa kali melakukan aksi serupa. Bagi masyarakat yang pernah menjadi korban silahkan datang ke Mapolsek Kragilan," kata Tosriadi. (hr/red)

Komentar