Pasar Ternak Mati Suri, Pemkab: Kami Tak Punya Anggaran

Kepala Dinas Peternakan Pemkab Lebak, Iman Santoso saat di temui wartawan diruangannya. (Foto:TitikNOL)
Kepala Dinas Peternakan Pemkab Lebak, Iman Santoso saat di temui wartawan diruangannya. (Foto:TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL - Dinas Peternakan (Disnak) Lebak mengakui pasar ternak Rangkasbitung yang berlokasi di jalan Kuncoro Jakti KM 7,1 Lebong - Rangkasbitung belum difungsikan secara optimal.

Dijelaskan, Iman Santoso, Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Pemkab Lebak, saat ini pihaknya tengah melakukan upaya untuk memfungsikan pasar ternak Rangkasbitung yang dibangun pihak Kementerian Pertanian melalui Dirjen P2HP dua tahun lalu.

"Salah satunya dengan melakukan sosialisasi dengan para peternak yang terdekat hingga yang terjauh di Kabupaten Lebak dan juga berkordinasi dengan paguyuban peternak dan pedagang hewan yang sudah dibentuk oleh dinas peternakan," ujar Iman Santoso, kepada TitikNOL, Jum'at (13/5/2016).

Mungkin, upaya ini belum maksimal, karena dibiayai secara swadaya. "Karena Dinas Peternakan tidak punya anggaran," tuturnya.

Baca juga: Nah Loh! Usai Diresmikan Dirjen, Pasar Ternak Lebak Malah Terbengkalai

Iman pun berjanji, jika para pedagang ternak mau menempati pasar ternak tersebut, Disnak Lebak akan memfasilitasi para pedagang guna mendapatkan bantuan modal usaha.

"Kita akan fasilitasi pedagang ternak untuk mendapat bantuan modal, kita akan menggandeng koperasi atau melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan pihak Bank. Karena bentuknya pinjaman, tentu harus ada anggunan dan pengembalian pinjaman itu oleh para pedagang," pungkasnya. (Gun/red)

Komentar