Pemprov Banten akan Telusuri CSR Kalijodo, Ada apa?

Ilustrasi Corporate Social Responsibility. (Dok:net)
Ilustrasi Corporate Social Responsibility. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan melakukan kroscek terhadap PT Bumi Serpong Damai (Tbk), yang telah menggelontorkan anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) untuk pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan Kalijodo, Jakarta.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Soeharta. Menurutnya, Pemprov Banten sangat menyayangkan dengan langkah PT BSD yang lebih mendahulukan Pemprov DKI Jakarta untuk mendapatkan dana CSR dari perusahaan tersebut. Padahal, masyarakat Banten sendiri sangat membutuhkan dana CSR tersebut.

“Informasi ini akan menjadi masukan buat kami (Pemprov Banten). Terlebih, kami memiliki lembaga CSR yang menyalurkan CSR se-Banten,” kata Sekda, Ranta, kepada wartawan, Senin (30/05/2016).

Sementara itu, Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, CSR PT BSD yang digelontorkan ke Kalijodo sebesar Rp20 Miliar, merupakan langkah positif. Alasannya, PT BSD juga memiliki perusahaan di Jakarta.

"PT BSD juga memiliki perusahaan di mana-mana, tidak menutup kemungkinan dana CSR yang diperuntukan untuk Kalijodo adalah dana CSR dari perusahaan PT BSD yang berada di Jakarta. Saya menilainya postif saja, dengan langkah itu,” ungkapnya.

Kendati demikian, Rano mengakui ada kesalahan komunikasi antara Pemprov Banten dengan PT BSD terkait informasi kondisi real masyarakat Banten, yang berhak menerima bantuan dana CSR dari pihak swasta. “Namun yang jelas terkait penyaluran bantuan CSR di luar tanggung jawab Pemprov Banten," ungkapnya. (Meghat/red)

Komentar