Ini Penjelasan PT Indoferro Terkait PHK 1.200 Karyawannya

Ilustrasi PHK. (Dok: net)Ilustrasi PHK. (Dok: net)

CILEGON, TITIKNOL - Manajeman PT Indoferro, akhirnya mengemukakan alasan terkait pemutusan kerja kepada 1.200 karyawannya. Dikatakan Direktur PT Indofero David Cornelius, alasan dilakukan PHK massal karena harga nikel terus menurun yang berakibat terhadap perusahaan yang terus merugi.

Menurutnya, penurunan harga nikel terjadi pasca diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri Energi dan Sumberdaya Manusia Nomor 5 Tahun 2017 dan Nomor 6 Tahun 2017, tentang izin ekspor konsentrat mineral kadar rendah seperti bauksit dan nikel.

Menanggapi soal penutupan perusahaan atau lock out, David membantahnya. Menurutnya, perusahaan tidak tutup secara permanen melainkan tutup sementara sampai harga nikel kembali normal.

"Kami tidak menganggap ini lock out, ini tutup sampai batas waktu yang kita tidak tahu, karena kan situasinya adalah harga market jadi terjerembab begini gara-gara peraturan," ujar David kepada wartawan, Jumat (21/7/2017).

Baca juga: Duh! 1.200 Buruh PT Indoferro di-PHK Massal

Terkait PHK, David mengaku sudah memberitahukan secara jelas kepada seluruh karyawan, bahwa oemenuhan hak karyawan akan diberikan sesuai peraturan yang berlaku.

"Jadi untuk menyelesaikannya kepada setiap karyawan untuk mendatangi dan menyelesaikan secara langsung ke kantor konsultan yang kami tunjuk,‎" kata David. (Ardi/red)

Komentar