Ratusan Santri di Banten Deklarasi Pertahankan NKRI

Ratusan santri bersama elemen masyarakat saat menghadiri peringatan hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke-91 di Alun-alun barat Kota Serang, Selasa (31/1/2017). (Foto: TitikNOL)
Ratusan santri bersama elemen masyarakat saat menghadiri peringatan hari lahir Nahdlatul Ulama yang ke-91 di Alun-alun barat Kota Serang, Selasa (31/1/2017). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Peringati hari lahir ke-91 Nahdlatul Ulama Banten, ratusan santri dari berbagai wilayah di Banten, berkumpul di Alun-alun barat Kota Serang, Selasa (31/1/2017). Di acara itu, para santri juga mendeklarasikan pertahankan NKRI dari pihak-pihak yang ingin memecah belah keutuhannya.

Di acara itu, turut hadir tokoh agama Banten Abuya Muhtadi Dimyati, Ketua PWNU Banten Soleh Hidayat, Wali Kota Serang Tb Haerul Jaman, Ketua PC. NU Se Kabupaten/Kota Matin Sarkowi dan perwakilan para santri se-Kota Serang.

Ketua PC. NU Kota Serang Matin Sarkowi, yang memberikan sambutan dalam acara itu mengatakan, bahwa NU lahir di tengah konflik timur dan darah NU mengalir dalam berdirinya negara Indonesia.

Baca juga: Hadiri Peringatan Milad NU, Jaman Ajak Anggota Jaga Kondusifitas Pilkada

"Untuk tetap mempertahankan republik Indonesia, yang memang betul taat kepada agama kita harus bertahan. Dan Pancasila sebagai ideologi kita adalah hasil dari ulama dan apabila ada yang mengusik itu tanggung jawab kita," kata Matin.

Matin pun mengingatkan kepada seluruh santri yang hadir, untuk tetap mempertahankan keutuhan NKRI disituasi politik saat ini.

"Situasi politik nasional hari ini mengalami dinamika yang sangat luar biasa, demokrasi kita jelas mengacu kepada Pancasila. Maka dari itu demokrasi dengan kebebasan bukan kebebasan dengan kebablasan," tukasnya. (Meghat/red)

Komentar