Sabtu, 13 Juli 2024

Selidiki Limbah PT Cemindo, BLHD Tunggu Hasil Laboratorium

Ilustrasi cek laboratorium. (Dok: usc)
Ilustrasi cek laboratorium. (Dok: usc)

SERANG, TitikNOL – Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Banten hingga kini belum bisa menindak lanjuti pencemaran limbah PT Cemindo, yang diduga berbahaya untuk lingkungan hidup. Hal itu disebabkan, mereka masih menunggu hasil uji laboratorium sampel air laut yang dilakukan oleh pihak swasta Media Lab.

"Tindak lanjutnya hasilnya belum ada, karena masih menunggu hasil laboratorium. Teknisnya, kemarin itu bersama petugas lab, unsur PT Cemindo serta pihak BLH Lebak sudah ambil sample. Tapi pada saat itu BLH Lebak tidak hadir memang," kata Kepala BLHD Banten Husni Hasan, saat dihubungi via telepon, Jumat (5/8/2016).

Baca juga: Awasi Pembuangan Limbah ke Laut, BLHD Banten Turunkan Tim ke Dermaga PT Cemindo

Husni menjelaskan, jika Pemprov menggunakan jasa swasta yakni Medai Lab dari Jakarta yang saat ini tengah melakukan uji laboratorium.

"Minggu depan Insya Allah keluar hasilnya. Jadi intinya kita bersama sama dengan PT Cemindo menunggu hasil itu," jelasnya.

Adapun bahan yang menjadi uji laboratorium lanjut Husni, tim lab sudah mengambil semple air laut di kawasan PT Cemindo. 

"Jadi air yang diperiksa, segmentasinya seperti apa. Karena kan, mereka produksi limbah," pungkasnya.

Namun demikian, pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas BLHD disesalkan oleh sejumlah warga di Kecamatan Bayah. Warga menuding jika pemeriksaan terkesan tertutup dan tidak melibatkan warga. 

"Saya sendiri tidak tahu kapan pemeriksaan dilakukan. Harusnya warga dilibatkan sehingga tahu bahwa petugas benar-benar melakukan pemeriksaan," tukas salah seorang warga Bayah. (Meghat/rif)

Komentar