Terima 3.380 Vaksin Sinovac, Pemkot Serang Siapkan 33 Tempat Vaksinasi

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Serang saat mengangkut vaksin sinovac di Dinkes Kota Serang. (Foto: TitikNOL)
Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Serang saat mengangkut vaksin sinovac di Dinkes Kota Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pemkot Serang siapkan 33 tempat vaksinasi untuk melakukan proses suntik vaksin kepada tenaga medis. Tahap pertama, Kota Serang kebagian jatah vaksin jenis sinovac sebanyak 3.380 dosis.

Sekdis Dinkes Kota Serang dr. Hikmat mengatakan, jumlah 33 tempat pelaksanaan vaksinasi terdiri dari 16 Puskesmas, 9 Klinik swasta dan 8 rumah sakit. Setiap tempat, disiapkan vaksinator atau tenaga vaksin.

"Di seluruh Puskesmas ada 16 siap melaksanakan vaksinasi, klinik 9 swasta yang diperbolehkan dan RS ada 8 baik swasta maupun pemerintah. Kita rawat inap di Puskesmas ada 6, 10 rawat jalan. Tapi 16 nya lakukan vaksinasi dan orang Puskesmas sudah dilatih untuk vaksinasi," katanya saat dihubungi TitikNOL, Selasa (12/1/2021).

Ia menjelaskan, setiap tenaga kesehatan yang di vaksin, akan mendapat SMS dari Lindungi dan Jaga. Pelaksanaan vaksinasi dijadwalkan tanggal 14 Januari 2021, setelah dilakukan pencanangan pada tanggal 13 Januari 2021 di Tangerang.

"Kita mulainya, kalau pencanangan tanggal 14, saat itu juga atau besok. Iya tidak hari ini, pencanangan dulu di Tangerang. Kalau pak Wali di Tangerang besok," jelasnya.

Hikmat mengaku saat ini tim Dinkes Kota Serang sedang mengambil jatah vaksin di Gudang Farmasi milik Pemprov Banten. Kemudian, vaksin akan disimpan terlebih dulu di kulkas rantai dingin sebelum didistribusikan ke tempat vaksinasi.

"Hari ini kita berangkat kesana untuk pengambilan. Setelah kita ambil, penyimpanan gudang di dinas. Kita simpan di situ punya kulkas rantai dingin, nanti dikirim ke Puskesmas. Jadi fasilitas pelayanan yang akan divaksin ada SK-nya," ujarnya. (Son/TN1)

Komentar