Tingkatkan Rasio Kewirausahaan, Disnakertrans Kabupaten Serang Latih Masyarakat Menjahit

SERANG, TitikNOL - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang, akan menggelar pelatihan menjahit guna meningkatkan keterampilan dan rasio kewirausahaan.

Sekdis Disnakertrans Kabupaten Serang, Diana Ardhianty Utami mengatakan, seharusnya kegiatan itu berlangsung sejak 7 Juli 2021. Namun karena ada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), agendanya digeser pada bulan depan.

“Prioritas sekarang kita ada pelatihan menjahit. Harusnya berjalan 7 Juli, tapi karena situasi kondisi kita harus lending,” katanya, Kamis (29/7/2021).

Ia menyebutkan, kegiatan itu ditanggung melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Serang. Peserta yang akan mengikuti 20 orang atas usulan dari kecamatan.

“Kita punya tempat di Pabuaran, anggarannya APBD. 20 orang saja. Biasanya diusulkan lewat forum Camat. Desa melalu kecamatan baru diusulkan kepada kita. Setiap tahun ada,” paparnya.

Ia menerangkan, tujuan dari kegiatan itu untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat agar mempunyai keterampilan di bidang formal maupun informal kewirausahaan.

“Iya menekan angka pengangguran dengan memberikan pelatihan,” terangnya.

Menurutnya, biasanya pelatihan diselenggarakan untuk berbagai bidang. Namun karena kondisi pandemi, ada pergeseran anggaran untuk pencegahan Covid-19.

“Biasanya ada otomotif sepeda motor, banyak. Karena anggarannya terbatas ada yang dialihkan ke penanganan covid, hanya satu kali digelar,” ujarnya.

Ia menuturkan, peserta yang sudah lulus dalam pelatihan, akan disalurkan kepada industri yang membutuhkan. Selain itu, pihaknya akan mengusahakan memberikan bantuan modal guna mengembangkan ekonomi keluarga.

“Kami diberikan bantuan alat seperti mesin jait, obras selain pelatihan. Kalau ada industri yang butuh, mereka bisa masuk pada kerja formal. Kita biasanya memantau dan kita berkoordinasi dengan dinas perindustrian agar diberikan bantuan modal,” tuturnya (ADV)

Komentar