5 Minuman Sehat Pengganti Kopi

Ilustrasi. (Dok: Hariannasional)Ilustrasi. (Dok: Hariannasional)

TitikNOL - Apakah Anda pecinta kopi? Minuman berkafein itu memang menjadi favorit banyak orang. Sayangnya, tak sedikit yang terhalang untuk menikmatinya lantaran berbagai alasan, salah satunya adanya gangguan asam lambung.

Tenang, Anda tidak perlu berkecil hati. Ada banyak minuman sehat lain yang dapat dijadikan sebagai pengganti kopi. Apa saja minuman yang dimaksud?

Jus sayuran

Jus sayuran adalah salah satu alternatif minuman sehat yang dapat Anda pilih untuk menjaga kesehatan tubuh. Jus ini tidak hanya lezat, namun kaya manfaat. Sebab, selain kalori yang rendah, jus sayuran juga mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

Jus buah

Kalori jus buah umumnya lebih tinggi daripada jus sayur. Kendati begitu, jus buah tetap merupakan pilihan yang sehat untuk menggantikan kopi. Sebab, jus buah kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan Anda. Tentu saja, yang dimaksud di sini adalah jus buah yang tidak ditambahkan gula atau kental manis.

Anda pun perlu berhati-hati dan jangan terkecoh dengan minuman instan dengan label “sari buah”. Minuman dengan label tersebut umumnya mengandung air dan beberapa jenis gula dengan kadar sukrosa tinggi (sirup jagung). Jadi, sari buah bukannya bermanfaat, namun justru menambah berat badan.

Maka itu, akan lebih baik bila Anda menyiapkan jus sendiri. Terdapat beberapa pilihan jus yang sehat, misalnya jus jeruk yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh, atau jus blueberry yang dapat menjaga otak tetap sehat dan melindungi penyakit degeneratif seperti demensia atau Alzheimer.

Susu kedelai

Susu kedelai juga dapat Anda pilih sebagai minuman sehat pengganti kopi, lho! Minuman dari bahan kacang kedelai ini mengandung pemanis alami sehingga lezat dikonsumsi tanpa adanya gula tambahan.

Bagi Anda yang alergi dengan susu sapi atau mengalami intoleransi laktosa, susu kedelai dapat menjadi alternatif yang dapat dipertimbangkan. Dalam hal vitamin, kedelai mengandung vitamin K, riboflavin, folat, vitamin B6, thiamin, dan vitamin C.

Susu rendah lemak

Susu rendah lemak, kenapa tidak? Susu rendah lemak mengandung kadar lemak yang sedikit dibanding susu biasa. Hal ini membuatnya tidak akan meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh Anda secara signifikan jika dikonsumsi setiap hari sesuai anjuran.

Teh hijau

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki rasa yang unik. Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan dianjurkan mengonsumsinya tanpa tambahan gula, agar menjadikannya bebas kalori.

Terdapat beberapa prinsip dasar ketika minum teh hijau yang perlu Anda ingat. Teh jenis ini sangat tidak disarankan untuk diminum sebelum makan, karena dapat menghambat penyerapan nutrisi. Artinya, apa yang Anda makan tidak akan diserap dengan baik oleh tubuh. Hal ini tentu bisa meningkatkan risiko kurang gizi hingga anemia defisiensi besi.

Dari beberapa minuman sehat di atas, mana yang Anda pilih sebagai pengganti kopi? Tetap ingat untuk dikonsumsi dalam batas wajar, agar manfaat sehatnya benar-benar bisa Anda rasakan.

Berita ini telah tayang di klikdokter.com, dengan judul: Ini 5 Minuman Sehat Pengganti Kopi

Komentar