7 Minuman Menyehatkan Saat Pagi Hari

Ilustrasi. (Dok:net)Ilustrasi. (Dok:net)

TitikNOL - Setelah semalaman melakukan aktivitas tidur yang keadaan perut tak terisi, maka ada baiknya jika mengisi perut dengan minuman. Bahkan daripada makanan, ternyata minuman lebih dibutuhkan karena tubuh mengalamai dehidrasi setelah berjam-jam tidak minum.

Jika rutinitas pagi hari perlu dimulai dengan asupan minuman yang baik, tentu saja bisa menyegarkan sekaligus membuang racun dan zat sisa di dalam tubuh.

Berikut anjuran minuman menyehatkan saat pagi hari:

Air putih

Air putih adalah minuman terbaik membersihkan tubuh dan menggantikan cairan tubuh yang hilang. Dengan minum air putih bisa mempercepat metabolisme di pagi hari sebesar 25%. Biasakan minum paling tidak 2 gelas air atau sekitar 500 ml.

Air lemon

Air lemon, diminum hangat maupun dingin mampu memberi asupan vitamin dan mineral yang menyegarkan tubuh. Karena kamu juga bisa lebih melek setelah minum sesuatu yang asam dan segar seperti lemon. Selain itu air lemon sangar baik mengganti elektrolit tubuh yang hilang selama tidur, membersihkan usus, bisa meredakan nyeri sendi dan kram otot.

Jahe hangat

Jahe anget sangat cocok menemani pagi yang segar. Minuman ini mampu membuatmu lebih melek dan siap menghadapi hari. Jahe kaya akan vitamin C dan magnesium, bisa melancarkan peredaran darah dan membantu meredakan stres.

Jus sayur

Jus sayur dan buah seperti sawi dan nanas atau jus wortel sangat baik sebagai pengganjal perut. Jadi bukan hanya mengandung nutrisi lengkap, namun juga menggantikan cairan tubuh yang hilang, serta juga bisa menjaga berat badan. Selain itu jus sayur juga sangat baik melancarkan pencernaan.

Air bawang putih

Bisa bayangkan seperti apa rasanya? Rasanya tak begitu enak memang, akan tetapi ternyata menggerus bawang putih dan mencampurkannya ke dalam air hangat dan diminum bisa melancarkan sirkulasi darah, bisa meningkatkan fungsi liver dan membersihkan tubuh.

Jus kunyit

Ingin minum jamu di pagi hari? Selalu pastikan kamu memilih jamu kunyit asam di pagi hari. Karena kunyit sangat ampuh membersihkan tubuh karena kaya antioksidan sehingga mampu menurunkan kolesterol, bisa mencegah kanker, menjadi antibakteri dan anti-inflamasi.

Teh hijau

Secangkir teh hijau kaya antioksidan mampu menstimulasi metabolisme dan meningkatkan imun tubuh, bisa menurunkan kolesterol dan membantu menjaga berat badan. Apabila kamu tak punya teh hijau, teh hitam pun bisa diminum pagi tanpa gula, karena sangat baik membersihkan usus dan menghangatkan tubuh, serta tentu saja pastinya membuatmu makin melek.

Jadi, tak hanya air putih biasa yang dikonsumsi. Karena jenis minuman lainnya juga bisa dinikmati untuk memulai hari yang segar. Selalu pastikan minum di pagi hari sebelum mulai sarapan.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.cara-hidupsehat.com

Komentar