Fakta-fakta Keajaiban Buah Kurma yang Luar Biasa

Kurma. (Dok:net)
Kurma. (Dok:net)

TitikNOL - Buah kurma adalah buah yang banyak ditemui di daerah Timur Tengah (Jazirah Arab). Buah mungil kegemaran Rasulullah ini sudah banyak diketahui mempunyai keajaiban-keajaiban yang luar biasa. Berikut ini beberapa fakta ajaib tentang buah kurma.

Kurma dinamakan dengan manjam (tambang) karena mengandung banyak unsur mineral, seperti kalsium, magnesium, sodium, sulfur, fosfor, klorin dan zat besi.

Kurma ternyata mengandung semua unsur makanan pokok yang penting untuk tubuh, yaitu vitamin, protein, lemak, mineral, dan gula.

Zat besi yang terkandung dalam kurma membantu pembentukan hemoglobin dan zat darah merah dalam sumsum tulang. Hemoglobin adalah suatu zat protein yang mengandung zinc (zat besi) yang terkandung di dalam sel darah merah. Dengan mengkonsumsi banyak kurma maka dapat memperbanyak hemoglobin dalam tubuh.

Terdapat kandungan kalium (potassium) dalam tiap butir kurma yang fungsinya untuk mengatur tekanan darah, sehingga kerja organ jantung jadi lebih optimal. Zat ini juga berperan dalam mengatasi kelelahan dan dapat mengaktifkan kontraksi otot.

Dengan mengkonsumsi kurma dapat melancarkan kencing dan membersihkan ginjal.

Jenis kurma yang kalorinya paling rendah adalah ‘Ajwah Madinah, Razizi, dan Rabi’ah.

Jumlah kalori dari 1 kg kurma setara kandungan 1 kg daging.

Dalam 100 gram kurma (setara 7 biji buah kurma) memberi lebih dari 350 energi.

Jenis kurma kering mengandung aspirin (acetylsalicylic acid) alami yang dapat mengurangi rasa sakit (analgesic).

Ada 450 jenis kurma di seluruh dunia. Ya, buah yang identik berwarna cokelat kemerahan ini ternyata banyak sekali variannya.

Penduduk yang biasa mengkonsumsi kurma seperti Jazirah Arab dan Afrika jarang yang mengidap kanker.

Demikian beberapa fakta tentang keajaiban buah kurma. Ternyata buah kecil ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.satujuam.com

Komentar