Hal Menakjubkan yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tak Lagi Konsumsi Gula

Ilustrasi makanan berbahan gula. (Dok: cnnindonesia)Ilustrasi makanan berbahan gula. (Dok: cnnindonesia)

TitikNOL - Berbagai makanan yang mengandung gula tambahan seperti pada permen, kue, minuman manis, dan lainnya saat ini dikonsumsi hampir dalam setiap kesempatan. Menurut studi dari University of North Carolina, rata-rata orang Amerika mengonsumsi 300 kalori gula tersebut per hari.

Gula hasil pemrosesan itu berbeda dengan gula alami yang dimiliki oleh sayur atau buah asli. Efeknya terhadap tubuh pun tentu berbeda.

Saran kesehatan yang diberikan oleh American Heart Association, seorang wanita idealnya hanya mengonsumsi 25 gram gula per hari atau senilai 100 kalori. Itu sekitar enam sendok teh atau kurang.

Ada banyak efek positif yang akan terjadi pada tubuh jika Anda menghentikan atau mengurangi konsumsi gula. Berikut ini beberapa diantaranya seperti dilansir laman Boldsky:

Liver (hati) lebih sehat

Kelebihan gula akan membuat liver atau hati bekerja keras. Jika Anda berhenti atau mengurangi konsumsi gula, maka otomatis organ hati akan lebih sehat.

Jerawat hilang

Anda yang sedang pusing akibat pertumbuhan jerawat yang pesat di wajah, coba berhenti makan makanan bergula mulai saat ini. Masalah kulit itu pun akan berkurang secara signifikan, sebab gula hanya akan membuat jerawat makin meradang.

Diabetes menjauh

Masalah diabetes tipe 2 umumnya terjadi akibat konsumsi gula berlebihan. Dengan menyingkirkan makanan yang mengandung gula tambahan, maka tubuh akan lebih sehat dan jauh dari diabetes.

Mood lebih baik

Suasana hati atau mood pun akan jauh lebih positif dan baik, jika Anda mengurangi gula, sebab konsumsi pemanis tersebut memicu depresi dan stres, juga bad mood.

Insomnia berkurang

Sulit tidur atau insomnia pun bisa terjadi akibat konsumsi gula berlebihan.

Tidak lagi sering lupa

Diet tinggi gula ternyata berpengaruh terhadap daya ingat dan kemampuan belajar, yang membuatnya jadi menurun. Jika ingin lebih mudah mengingat memori jangka panjang, kurangi asupan gula Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: www.sidomi.com

Komentar