Menkes Buka 11 Layanan Telemedicine untuk Pasien Covid-19 yang Isoman

Ilustrasi. (Dok: Liputan6)
Ilustrasi. (Dok: Liputan6)

TitikNOL - Meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) membuat Kementerian Kesehatan membuka layanan telemedicine untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan dengan benar. Layanan telemedicine ini melibatkan 11 startup kesehatan yang nantinya akan menawarkan jasa konsultasi dan jasa pemberian obat secara gratis kepada masyarakat.

Dalam keterangan jumpa pers secara daring dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Senin (5/7/2021). Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, ingin memastikan agar layanan perawatan ke masyarakat dapat berjalan dengan baik. Khususnya pada masyarakat yang dinyatakan positif namun bergejala ringan bahkan tidak bergejala untuk tetap mendapatkan penanganan secara cepat dan mudah.

Menkes Budi pun mengimbau masyarakat dengan gejala ringan maupun tanpa gejala yang dinyatakan positif Covid-19 bisa mendapatkan konsultasi dan paket pengobatan gratis dengan langsung mengakses ke-11 aplikasi kesehatan yang telah bekerjasama dengan Kemenkes.

Dalam platform tersebut masyarakat bisa mendaftarkan secara mandiri untuk mengikuti program pendampingan Covid-19 secara pribadi atau hanya sekedar berdiksusi mengenai keluhan yang dimiliki selama isolasi mandiri. Caranya, cukup dengan mengklik link yang tertera pada 11 platform kesehatan yang sudah berkerjasama dengan Kemenkes.

Nantinya setiap keluhan dan masalah terkait dengan gejala yang timbul selama isoman, akan dijawab dengan sigap oleh dokter dengan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut. Bagi Anda yang ingin mendapatkan jasa konsultasi dan paket obat gratis yang disediakan oleh Kemenkes, bisa mengklik link dari 11 platform kesehatan ini.

1. Alodokter, https://bit.ly/alodokter-isoman

2. GetWell, https://play.google.com/store/apps/details?id=id.paquesid.getwell

3. Good Doctor, https://gooddoctor.onelink.me/Cmiw/efeba7ae dan GrabHealth, https://grab.onelink.me/2695613898/fe73b8c5

4. Halodoc, Bit.ly/isoman_halodoc

5. KlikDokter, https://bit.ly/kd-kemenkes-isoman

6. KlinikGo, https://klinikgo.com/isoman

7. Link Sehat https://link.linksehat.com/mRMf

8. Milvik Dokter, https://milvik.id/about-us/

9. ProSehat, https://prosehat.com/wa

10. SehatQ, https://sehatqapp.onelink.me/bgzy?

11. YesDok, https://bit.ly/ISOMAN-YesDok

Meski demikian, Menkes Budi mengatakan bahwa layanan telemedicine ini baru akan dimulai pada Selasa 6 Juli 2021 dan dimulai perdana di wilayah DKI Jakarta terlebih dahulu sebagai wilayah dengan kasus positif Covid-19 terbanyak di Indonesia.

Berita ini telah tayang di lifestyle.okezone.com, dengan judul: Menkes Buka 11 Layanan Telemedicine untuk Pasien Isoman

Komentar