Tak Hanya untuk Diet, Ini Manfaat Lain Dari Kimchi

Ilustrasi. (Dok: Chowhound)
Ilustrasi. (Dok: Chowhound)

TitikNOL - Kimchi dalam makanan tradisional khas Korea yang terdiri dari aneka sayuran yang sudah difermentasikan.

Variannya biasa terdiri dari kubis, lobak, sawi kemudian diramaikan dengan bumbu-bumbu seperti bubuk cabai, daun bawang, bawang putih, jahe serta rempah khas Korea lainnya. Ada banyak manfaat kimchi yang ternyata enggak hanya baik untuk diet, tapi juga untuk kesehatan, lho.


Ada beragam jenis kimchi yang disesuaikan dengan musim dan daerah asalnya. Misalnya saat musim semi tiba kimchi yang dimakan adalah pa kimchi (bawang hijau) atau oi sobagi (mentimun) di musim panas dan untuk daerah Joenju aroma dan rasa Kimchi di sana lebih kuat dengan makanan pendamping makanan laut.


Buat negara asalnya Kimchi tidak hanya makanan tradisional yang sedap tetapi juga kuliner penyemangat.

Saat Perang Vietnam terjadi tahun 1957-an, pemerintah Korea Selatan meminta AS memberikan bantuan mengirimkan kimchi sebagai perbekalan makanan untuk para tentaranya yang sedang berperang.


Kimchi memiliki catatan sejarah yang panjang baik sebagai kuliner biasa maupun sebuah bentuk perayaan keluarga.

Ketika zaman dulu, pembuatan kimchi dilakukan secara bergotong-royong dimana masing-masing orang menyumbangkan bahan, memasaknya bersama-sama kemudian memasukannya ke dalam wadah raksasa lalu disimpan jauh ke dalam tanah.

Sekarang, masyarakat Korea modern menyimpan kimchi ke dalam lemari pendingin dan di setiap lemari pendinginnya terdapat ruangan khusus yang memang hanya untuk menyimpan kimchi.

Nah, setelah tahu sejarah lengkap dan keunikan kimchi, kamu akan tahu lebih banyak mengenai manfaat kimchi untuk diet dan kesehatan. Yuk, cari tahu manfaat kimchi berikut ini:

Bakteri Sehat untuk Daya Tahan Tubuh

Proses pembuatan kimchi yang dilakukan dengan cara fermentasi menjadikan makanan ini mengandung bakteri baik yang berguna untuk pencernaan dan anti infeksi. Pencernaan yang sehat tentu sangat bermanfaat bagi tubuh, jadi metabolisme tubuh pun akan lancar.

Menjaga Kestabilan Kolestrol

KImchi dibuat dengan bawang putih serta bubuk cabai. Bawang putih memiliki peran penting karena dapat membantu untuk menurunkan jumlah kolesterol. Selain itu, kandungannya juga dapat menjaga tekanan darah dan mencegah risiko terkena stroke.

Menjaga Kesehatan Mata

Setiap 100 gram kimchi mengandung 18 persen kebutuhan harian dari Vitamin A. Jadi mengonsumsi kimchi membantu kamu memenuhi kebutuhan akan Vitamin A.

Selain menjaga kesehatan mata, manfaat kimchi lainnya adalah mencegah radikal bebas.

Rambut Sehat dan Kulit Bercahaya

Bukan hanya kesehatan tubuh saja yang terjaga, manfaat Kimchi yang lain adalah membuat rambut sehat dan kulit bercahaya.

Mineral selenium yang ada pada bawang putih di dalam kimchi dapat mencegah keriput halus pada kulit yang biasa muncul seiring perjalanan usia, selain juga menjaga imun tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Kandungan capsaicin pada cabai membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh sehingga mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh yang dapat menurunkan berat badan secara lebih efektif.

Meningkatkan Ketahanan Terhadap Flu.

Kimchi mengandung banyak antioksidan mulai dari Vitamin A, B, C dan bakteri probiotik. Kolaborasi dari kandungan bermanfaat ini menjadikan kimchi sebagai makanan sup.










Berita ini telah tayang di halodoc.com, dengan judul: Tak Hanya untuk Diet, Kimchi Juga Baik untuk Kesehatan

Komentar