Waspada! Tidak Sakit Bukan Berarti Sehat

Foto ilustrasi keluarga sehat. (Dok:net)Foto ilustrasi keluarga sehat. (Dok:net)

TitikNOL - Hidup bahagia, berkecukupan dan memiliki tubuh yang sehat merupakan impian semua orang. Hidup bebas dari penyakit dapat dicapai dengan menjaga pola makan, banyak berolahraga, dan berpikir serta bertindak positif. Namun, tidak adanya penyakit bukan berarti Anda tidak sakit. Sebagian orang berpikir bahwa sebuah penyakit sudah seharusnya disembuhkan oleh obat-obatan melalui resep dari dokter. Sedangkan disaat yang bersamaan, pada saat menjalani pengobatan pasien bersikap pasif dan hanya menerima instruksi dokter dan obat-obatan yang diresepkan. Padahal Anda harus turut serta berbuat atas kesehatan kita sendiri. Memperbaiki gaya hidup sehari-hari juga tak kalah pentingnya daripada sekadar mengandalkan kemampuan dokter melakukan operasi dan khasiat obat-obatan.

Tidak semua penyakit dipengaruhi oleh genetika seseorang. Terdapat juga penyakit yang timbul akibat dari kebiasaan-kebiasaan tak sehat yang terakumulasi dalam jangka waktu lama. Ketika seseorang jatuh sakit, kita sering mendengar mereka berkeluh-kesah tentang mengapa mereka menjadi sakit. Apakah Anda mengganggap diri Anda sehat? Tidak sakit tidaklah sama dengan sehat. Mungkin Anda pernah mendengar istilah “penyakit dorman”. Istilah ini menggambarkan kondisi seseorang yang belum jatuh sakit, tetapi juga tidak sepenuhnya sehat. Dengan kata lain, kondisi tersebut adalah kondisi seseorang berada satu langkah lagi sebelum jatuh sakit.

Orang-orang berpenyakit dorman ini sering terganggu oleh masalah-masalah yang dianggap sepele seperti konstipasi kronis atau diare, insomnia, pusing, leher kaku dan sebagainya. Gejala-gejala ini adalah sinyal SOS yang dikirim oleh tubuh Anda. Jika Anda menggangap enteng sinyal ini dengan mengatakan “keadaan ini normal bagi saya” atau “saya memang biasa seperti ini”, Anda telah mengambil resiko menyebabkan kondisi ini berkembang menjadi suatu penyakit serius.

Saat usia semakin tua, seseorang dapat mengalami kemunduran kesehatan. Namun, jatuh sakit dan membiarkan tubuh Anda mengalami kemunduran alami merupakan dua hal yang sama sekali berbeda. Kesehatan seseorang sangat bergantung pada akumulasi dari faktor gaya hidup seperti olahraga, tidur, stres dan pola makan. Khusus pola makan, pilihlah jenis makanan yang memenuhi prinsip gizi seimbang antara sumber karbohidrat, protein, lemak dan serat alami.

 

 

 

 

 

Sumber: www.healthylifeid.com

Komentar