Waw, Robot Perawat Ini Bisa Membantu Proses Persalinan

Robot Zora. (Dok: flanderstoday)
Robot Zora. (Dok: flanderstoday)

TitikNOL - Ternyata robot tidak hanya dapat dipercaya untuk melakukan bantuan di bidang produksi masal. Seiring perkembangan jaman, robot dapat diandalkan dalam membantu dan merawat pasien usai proses persalinan.

Sekelompok peneliti dari MIT telah mengembangkan sebuah robot yang dapat membantu pekerjaan di rumah sakit. Mereka memimpikan suatu hari, setiap bangsal bersalin memiliki robot untuk membantu ibu melahirkan.

Para peneliti MIT ini melakukan riset apakah layak sebuah robot menjadi tenaga medis di rumah sakit. Mereka ingin melihat apakah robot dapat melakukan lebih dari sekedar mengeluarkan obat-obatan. Hal yang sudah terjadi di banyak rumah sakit.

Profesor MIT Julie Shah menyatakan bahwa melakukan pekerjaan para medis itu sulit. Terutama dengan keputusan yang harus diambil. Untuk membuktikannya mereka menyediakan nao robot di Boston's Beth Israel Deaconess Medical Center.

Robot Zora dapat melacak jadwal dan kegiatan perawat serta meminta sejumlah informasi yang diperlukan oleh pasien. Robot perawat juga berkoordinasi dengan 10 perawat yang berbeda dan 20 pasien di ruangan yang berbeda. Ia juga harus memahami dan mengetahui proses pengambilan keputusan oleh staf rumah sakit juga.

Contohnya, robot membantu membuat rekomendasi dalam operasi operasi Caesar. Dalam hal ini terjadi perdebatan, pro dan kontra. Para peneliti MIT menemukan bahwa setidaknya 90 persen paramedis mengambil saran dari robot perawat. Robot juga memberikan rekomendasi siapa perawat yang dapat membantu proses persalinan dan penempatan ruang kamar operasi.

Hal ini menandakan bahwa di masa yang akan datang. kecerdasan buatan dapat membantu memberikan layanan rumah sakit.

 

 

 

 

 

 

Sumber: www.hetanews.com

Komentar