Detak Jantung Bayi Lemah, Chacha Frederica Putuskan Lahiran Caesar

Chacha frederica dan dico ganinduto. (Dok: Pikiranrakyat)
Chacha frederica dan dico ganinduto. (Dok: Pikiranrakyat)

TitikNOL - Kabar bahagia datang dari pasangan Chacha Frederica dan Dico Ganinduto yang baru saja melahirkan bayi perempuan pada Sabtu dini hari (25/4/2020) sekira pukul 01.00 WIB. Pesinetron tersebut sempat ingin menjalani lahiran normal, namun akhirnya dipilih proses caesar.

"Iya Chacha sudah lahiran jam satu dini hari. Chacha pengin normal, cuma kondisi mengharuskan dia untuk caesar," kata Hera Sudiyar selaku ibunda dari Chacha saat dihubungi melalui sambungan telepon.

1. Detak Jantung Melemah

Chacha Frederica sempat gembira tatkala tahu kondisinya memungkinkan untuk persalinan normal. Namun jelang pergantian hari, tahu-tahu hal tak diduga terjadi.

"Sore saat diperiksa sudah pembukaan empat. Terus makan malam jam tujuh itu sudah pembukaan enam. Jadi Chacha happy, suster bilang ini prosesnya bagus, cepat, kemungkinan nggak sampai tengah malam sudah bisa lahir, Insha Allah," ucap Hera.

2. Bayi Kecapekan?

"Jam 23.30 akan diperiksa lagi karena anggapan susternya dari pembukaan enam, jam segitu sudah mendekati lahiran. Tapi jam 23.00 ternyata sudah pecah ketuban dan pembukaannya masih tetep enam gitu. Detak jantung baby sudah lemah karena mungkin sudah kecapekan karena dari Kamis (kontraksi). Kayak gini kemungkinan diambil tindakan caesar," lanjutnya.

3. Chacha Mantap Caesar

Dokter sempat memberikan pilihan pada Chacha Frederica untuk tetap normal atau caesar. Namun saat tahu detak jantung sang anak melemah, ia pun membuat keputusan cepat.

"Dokter datang memeriksa, menawarkan ke Chacha masih mau dicoba normal? Karena kan Chacha pesen maunya lahiran normal ke dokter. Dokternya bilang 'Ayo kita tunggu 10 menit lagi, saya bantu induksi'. Chacha yang 'Aduh... Nggak deh dok, kasihan bayinya, caesar juga nggak papa' katanya gitu. Ya udah langsung diambil tindakan caesar, cepet banget," tuntas Hera.

4. Diberi Nama Cassia

Bayi cantik yang diberi nama Cassia Shakir Ganinduto itu lahir di RSIA Bunda, kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Ia lahir dengan berat 2,8 kg serta panjang 48 cm.

Berita ini telah tayang di kapanlagi.com, dengan judul: Detak Jantung Bayi Sempat Melemah, Chacha Frederica Putuskan Lahiran Caesar

Komentar