Film Animasi Terbaik Peraih Oscar Ini Hadapi Masalah Gugatan Hak Cipta

Film Animasi Zootopia. (Dok: themoviedb)Film Animasi Zootopia. (Dok: themoviedb)

TitikNOL - Setelah memboyong Piala Oscar sebagai Film Animasi Terbaik 2017, Disney justru menghadapi gugatan hak cipta atas film Zootopia. Gugatan itu datang dari Esplanade Productions, Inc yang menyatakan bahwa film animasi itu menyalin karya penulis naskah Gary L. Goldman.

Berdasarkan dokumen pengadilan yang didapat The Hollywood Reporter, dinyatakan bahwa pada 2000 dan 2009, Goldman sempat menyampaikan ide terkait film itu pada perusahaan Disney.

"Dua kali, pada 2000 dan 2009, Goldman atas nama Esplanade, menyampaikan pada tergugat, terkait komponen live-action yang disebut 'Looney' dan komponen animasi yang disebut 'Zootopia,’” tulis pernyataan itu, seperti dilansir Ace Showbiz.

"Alih-alih menerima secara sah, tergugat mengatakan bahwa mereka tidak tertarik dalam produksi itu dan memintanya keluar," jelas pada dokumen itu lebih lanjut.

Baca juga: Film Animasi Zootopia Raih Penghargaan Terbaik Globes 2017

Menurut pelapor, penawaran yang ditolak itu ternyata ditelurkan oleh Disney menjadi film baru. Zootopia yang dirilis Disney, secara substansial mirip dengan karya ‘Zootopia’ milik Goldman.

"Mereka menyalin tema milik Goldman, latar, plot cerita, karakter, dan dialog pada beberapa kata. Mereka menyalin judul bahkan desain karakter, serta ilustrasinya," tulis gugatan sebanyak 37 halaman itu. Ironisnya, Disney untung besar dari ide ‘curian’ itu.

Atas itu, pelapor pun menuntut biaya ganti rugi.

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Disney langsung berkomentar bahwa gugatan itu penuh dengan tuduhan palsu. "Ini upaya buruk untuk mengklaim sebuah film sukses yang tidak ia ciptakan dan kami akan penuh semangat mempertahankan diri di pengadilan," ujarnya.

Film animasi komedi penuh petualangan Zootopia dirilis pada 2016. Disutradarai Bryan Howard dan Kaya Moore, film itu mengambil set di kota hewan antropomorfik dan bercerita tentang seorang polisi kelinci dan rubah penipu yang mengungkap sebuah konspirasi.

Film itu didukung oleh aktor dan aktris seperti Ginnifer Goodwin, Jason Bateman serta Idris Elba untuk menyuarakan karakter animasinya. Dari penayangan secara global, Zootopia meraih penghasilan sebesar US$1 miliar dan menjadi film terlaris ke-empat 2016.

Selain memenangi Academy Award, film ini juga membawa pulang piala dari ajang Golden Globe, Critics' Choice Movie Awards dan Annie Award sebagai Film Animasi Terbaik.

Sumber: www.cnnindonesia.com

TAG film
Komentar