Para Selebritis Dunia yang Dermawan

Sir Elton John. (Dok:net)
Sir Elton John. (Dok:net)

TitikNOL - Penyanyi gaek, Sir Elton John dan penulis JK Rowling disebut sebagai selebriti paling dermawan di Inggris. Dua tokoh yang sudah mendunia itu telah menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal.

Elton John disebut telah mendonasikan 26,8 juta poundsterling (atau sekitar Rp54 miliar) untuk amal tahun lalu. Sebagian besar donasi ini digunakan untuk yayasan bagi penderita AIDS di Inggris dan Amerika Serikat yang ia didirikan pada tahun 1992.

Sementara Rowling, menurut Sunday Times telah  menyumbangkan  10,3 juta poundsterling atau lebih dari Rp20 miliar tahun lalu.

Penulis novel laris "Harry Potter" ini menyalurkan uangnya lewat Lumos Foundation, badan amal yang bertujuan untuk membantu panti asuhan di seluruh dunia hingga tahun 2050, serta Volant Trust Amal, lembaga penggalangan dana untuk mengatasi masalah sosial dan untuk penelitian multiple sclerosis, penyakit yang membunuh ibunya. 

Golfer Rory McIlroy, boyband One Direction dan musisi Queen Brian May dan Roger Taylor juga masuk dalam daftar selebriti Inggris yang masuk kategori dermawan.

Data Sunday Times itu menyebut, secara keseluruhan orang kaya telah menyumbang 2,66 miliar atau lebih dari Rp50 triliun untuk kegiatan amal selama 12 bulan terakhir.

Daftar Sunday Times menempatkan keluarga Sainsbury di tempat teratas tiga tahun berturut-turut. Pemilik jaringan supermarket terbesar kedua di Inggris ini menyumbang 220 juta poundsterling pada tahun 2015, atau hampir 40 persen dari pendapatan mereka.

Dari kalangan selebriti, terdapat nama pesepakbola David Beckham yang menyumbang 5 juta poundsterling untuk amal anak-anak. Coldplay menyumbangkan 1,7 juta poundsterling, sementara Ringo Starr menyumbang 1,6 juta poundsterling hasil lelang memorabilia Beatles, untuk Lotus Foundation.

Juru masak kenamaan, Jamie Oliver berada di tempat ketujuh selebriti paling dermawan setelah menyumbangkan 1,4 juta poundsterling untuk program koki magang yang ia rintis pada tahun 2002.

 

 

 

 

 

Sumber: www.suara.com

Komentar