Deretan Pemain Keturunan yang Segera jadi WNI dan Bela Timnas

Jay Idzes. (Dok: Ligaolahraga)
Jay Idzes. (Dok: Ligaolahraga)

TitikNOL - Gelombang pemain keturunan yang bakal beralih status kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) masih bakal berlanjut. Setelah Jay Idzes, yang mengambil sumpah sebagai WNI, pada pengujung Desember 2023 lalu, akan ada sejumlah pemain lain yang akan segera menyusul.

Belakangan, muncul nama Maarten Paes. Kiper FC Dallas kelahiran Nijmegen Belanda ini datang ke Indonesia untuk bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Kedatangan kiper 25 tahun ini tentu tak sekadar untuk makan malam dan berbincang dengan Erick Thohir. Ia juga sudah mulai mengurus sejumlah persyaratan untuk bisa menuntaskan proses naturalisasinya.

Muncul sejumlah optimisme bahwa Paes bakal segera menuntaskan proses naturalisasinya dan bisa segera bergabung dengan Skuad Garuda. Salah satu yang mengapungkan optimisme ini adalah pengamat dan komentator sepak bola, Ronny Pangemanan.

Sementara itu, PSSI sendiri tak mau banyak umbar janji. Mereka hanya memastikan akan bekerja keras agar proses naturalisasi Paes dan beberapa pemain lain lekas tuntas.

Sejatinya, bukan hanya Paes yang bisa jadi akan segera menjadi WNI dan bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam waktu dekat. Ada sejumlah pemain keturunan lain yang bisa segera memegang paspor Indonesia dan menjadi tambahan amunisi bagi Skuad Garuda.

Siapa saja para pemain keturunan yang segera menjadi WNI dan bisa membela Timnas Indonesia? Berikut lima orang di antara mereka.

Cyrus Margono

Nama pemain keturunan pertama yang akan segera menjadi WNI dan bisa membela Timnas Indonesia adalah Cyrus Margono. Pemain kelahiran Amerika Serikat ini kabarnya bakal segera memperoleh kewarganegaraan Indonesia dalam waktu dekat. Kabarnya, Januari 2024 ia akan disumpah sebagai WNI.

Cyrus memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Johan Margono. Saat ini, pemain berusia 22 tahun tersebut berstatus sebagai pemain Panathinaikos B.

Upaya Cyrus menjadi WNI tak dilakukan melalui jalur naturalisasi. Ia menempuh jalur Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM). Hal ini tak lepas dari statusnya yang merupakan anak berkewarganegaraan ganda terbatas.

Cyrus sendiri mengurus proses kewarganegaraan Indonesia ini secara mandiri. Namanya tak masuk dalam daftar pemain yang diminta oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Namun, tak tertutup kemungkinan, jika sudah menjadi WNI, Cyrus Margono bakal dipanggil ke Timnas Indonesia.

Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On menjadi nama kedua dalam daftar pemain yang akan segera menjadi WNI dan bisa membela Timnas Indonesia. Pemain berdarah Semarang ini tinggal selangkah lagi berstatus sebagai WNI.

Proses naturalisasi Nathan sejatinya sudah beres sejak beberapa waktu lalu. Pemain berusia 22 tahun tersebut bahkan dijadwalkan mengambil sumpah sebagai WNI bersama dengan Jay Idzes, pada 28 Desember 2023 lalu.

Namun, waktu itu, Nathan tidak bisa terbang ke Indonesia. Ia masih harus menuntaskan sejumlah urusan dengan klubnya, Swansea City.

Kabarnya, Nathan akan menjalani proses pengambilan sumpah sebagai WNI pada Januari ini. Namun, ia masih harus menunggu izin dari klubnya untuk bisa terbang ke Indonesia dan menjalani pengambilan sumpah tersebut.

Ragnar Oratmangoen

Dibandingkan pemain-pemain lain, kisah Ragnar Oratmangoen bisa dibilang yang paling berwarna. Proses naturalisasi pemain berusia 25 tahun ini sempat mengalami pasang-surut. Pemain yang saat ini memperkuat Fortuna Sittard, sebagai pemain pinjaman tersebut, bahkan sempat dikabarkan dicoret dari daftar pemain yang akan dinaturalisasi.

Namun, pemain keturunan Maluku ini akhirnya masuk dalam proses naturalisasi. Ia bahkan sudah menjalani proses tes medis di Indonesia. Selain itu, Ragnar juga sempat menyaksikan langsung laga Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya.

Jika sudah menjadi WNI, Ragnar bakal menjadi tambahan amunisi penting di lini serang Indonesia. Selama ini, ia memang banyak beroperasi di sektor depan, terutama di area sayap timnya.

Sayangnya, proses naturalisasi Ragnar sempat terhambat dengan adanya beberapa berkas yang belum lengkap. Namun, Menpora, Dito Ariotedjo, menyatakan bahwa pada awal 2024 ini proses naturalisasi Ragnar akan dikebut.

Thom Haye

Jelang tahun 2023 berakhir, para pencinta sepak bola Indonesia mendapat kabar gembira. Salah satu gelandang terbaik di Eredivisie, Thom Haye, dikabarkan bakal menjalani proses naturalisasi untuk menjadi WNI.

Haye sendiri memang memiliki darah Indonesia. Kakek pemain berusia 28 tahun tersebut dari Solo, sementara neneknya berasal dari Manado.

Kabar tersebut ternyata menjadi kenyataan. Pada 28 Desember 2023, Haye tiba di Indonesia. Ia bertemu langsung dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Tujuannya, apa lagi kalau bukan soal naturalisasi.

Haye sendiri memang langsung mengurus persyaratan yang dibutuhkan untuk menjalani proses naturalisasinya. Ia juga sudah menjalani tes medis.

Sejauh ini, belum bisa dipastikan kapan Haye akan mengambil sumpah sebagai WNI dan bisa berkostum Merah Putih. Namun, PSSI memastikan akan bekerja keras agar gelandang Heerenveen ini bisa segera berstatus sebagai WNI.

Maarten Paes

Setelah Haye, pencinta sepak bola Indonesia kembali dikejutkan dengan kedatangan Maarten Paes ke Tanah Air. Pemain FC Dallas tersebut tiba di Indonesia pada Senin (08/01) dan langsung makan malam dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, malam harinya.

Penjaga gawang berusia 25 tahun ini pun langsung mengebut berkas-berkas yang dibutuhkan untuk menuntaskan proses naturalisasinya tersebut. Selain itu, kiper berdarah Maluku ini juga sudah menjalani tes medis dan wawancara dengan Badan Intelijen Negara (BIN).

Sama seperti Haye, belum bisa dipastikan kapan proses naturalisasi Paes tuntas. Namun, berkas naturalisasi Paes merupakan salah satu yang diprioritaskan oleh PSSI untuk dituntaskan segera.

Berita ini telah tayang di bola.net, dengan judul: 5 Pemain Keturunan yang Segera jadi WNI dan Bela Timnas Indonesia, Siapa Saja?

Komentar