11 Proyek Nasional Dibangun Tahun Depan

Pembangunan Waduk KarianPembangunan Waduk Karian

SERANG, TitikNOL - Pemerintah pusat menempatkan sebelas proyek nasional di Provinsi Banten di tahun 2017. Sebelas proyek tersebut antara lain pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), jalan Tol Serang-Panimbang, reaktivasi Kereta Api, Waduk Karian, Waduk Sindangheula, dan normalisasi Sungai Ciujung.

"Banten ini memiliki 11 project nasional tahun depan. Mau tahu berapa triliun? Nanti saya sampaikan," ujar Gubernur Banten, kepada wartawan, Sabtu (6/2/2016).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina, mengatakan, dari 11 proyek nasional tersebut, beberapa di antaranya dikebut mulai tahun ini, seperti pembebasan lahan Tol Serang-Panimbang, normalisasi Sungai Ciujung, dan pembebasan lahan‎ waduk.

"Tahun kemarin sebenarnya sudah jalan yang normalisasi, dalam konteks pembangunan Tanggul Sungai Ciujung. Namun waktunya mepet. Sekarang sudah mulai pembahasan. Tol Serang-Panimbang juga segera pembebasan lahan," ujar Hudaya, Senin (8/2/2016).

Ia mengatakan, pihaknya juga sedang membahas mengenai kemungkinan efek yang akan terjadi‎ pasca pembangunan 11 proyek tersebut.

"Tentu saja yang terpenting adalah Multiplayer efect yang akan dihasilkan ketika ada pembangunan ini, bagaimana dampaknya terhadap lingkungan, kesiapan masyarakat, pengembangan ekonomi, dan kemungkinan kondisi negatifnya," ujarnya. (Kuk/Red)

Komentar