Agustus, 500 Ponpes di Banten akan Dapat Bantuan Program Pemberdayaan

Foto ilustrasi suasana belajar mengajar santri. (Dok: republika)b
Foto ilustrasi suasana belajar mengajar santri. (Dok: republika)b

 

SERANG, TitikNOL – Tahun ini, Pemprov Banten terus melakukan terobosan untuk membantu pengembangan di lingkungan pondok pesantren. Terutama, membantu pengembangan ekonomi mereka.

Yang terbaru, melalui Biro Kesejahteraan masyarakat (Kesra) Provinsi Banten, Pemprov Banten telah menyiapkan dana bantuan sosialisasi pengembangan ekonomi untuk 500 pondok pesantren di kabupaten dan kota di Banten dengan masing-masing menerima Rp5 juta. 

“Itu tuh disalurkan  melalui hibah ke Forum Silahturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Banten dan sudah saya komfirmasi juga ke FSPP bahwa itu rencananya akan disalurkan di pertengahan Agustus. Tapi setelah ponpes diadakan workshop, dilatih cara penggunaannya seperti apa, setelah itu baru dibagikan," kata Irfan kepada wartawan, saat dihubungi via telepon, Jumat (29/7/2016).

Ia juga menjelaskan, saat ini tahapan pemberian bantuan sedang dimatangkan oleh FSPP. Dimana menyiapkan pendamping, mengumpulkan data base serta verifikasi untuk pondok pesantren.

"Kenapa belum disalurkan, kita minta FSPP disalurkannya setelah ada pendamping. Jadi harus ada pendampingannya, kita juga liat monitoringnya nanti seperti apa. Jadi mohon bersabar dulu karena sekarang masih dalam tahap proses verifikasi,” tegasnya.

Selain itu, program bantuan ini merupakan program jangka panjang sampai lima tahun ke depan. (Meghat/rif)

Komentar