BPOM Serang Kenalkan Germas Sapa, Ini Rangkaian Acaranya

Puluhan peserta sedang mengikuti lomba senam yang digelar oleh BPOM Serang. (Foto: TitikNOL)Puluhan peserta sedang mengikuti lomba senam yang digelar oleh BPOM Serang. (Foto: TitikNOL)


SERANG, TitikNOL - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Serang, mengajak masyarakat tanamkan pola hidup sehat.

Kali ini, dalam rangkaian program Germas Sapa 2017, beberapa kegiatan dicanangkan BPOM di Serang. Dalam misinya, BPOM Serang mengajak masyarakat cerdas mengkonsumsi pangan sehat dan aman.

Aksi nyata tersebut sudah dilakukan jauh-jauh hari, dimulai dari rangkaian kegiatan Seresehan pembentukan desa pangan aman dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Banten, festival surosowan, Banten Ekpo 2017 dan puncaknya di Germas Sapa yang dilaksanakan Minggu (19/11/2017) di lotte mart Serang.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala BPOM Serang Dra.Nurjaya Bangsawan, Apt.,M.Kes, Asisten Daerah Tata Praja (Asda I) Anwar Mas'ud, Perwakilan Dinkes Provinsi Banten, Biro Kesra, Disperindag dan stakehokder terkait.

Acara yang dibuka langsung oleh Asda I Provinsi Banten itu, bertema Kerja Bersama Menuju Indonesia Pangan Aman dengan jargon Germas Sapa (Gerakan Masyarakat Sadar Pangan Aman) 2017.

Area parkir Lotte mart menjadi ramai dihadiri peserta lomba dan senam bersama yang digagas BPOM. Lebih dari 500 warga turut senam bersama yang dipandu instruktur senam terlatih. Terlihat pejabat Banten dan kepala Balai ikut serta di dalamnya.

Dalam sambutannya Kepala BPOM menjelaskan, program Germas Sapa ini puncak dari rangkaian-rangkaian sebelumnya yang sudah dilakukan pihak BPOM untuk mengajak masyarakat sadar akan pangan aman, sehingga masyarakat bisa memilah-milah makanan yang aman untuk dikonsumsi.

"Kami mengajak masyarakat untuk hidup sehat, dimulai dari mengetahui makanan yang aman itu seperti apa, sehingga bisa layak dikonsumsi," tukasnya.

Peserta lomba tidak hanya dari orang dewasa, terlihat beberapa kelompok pelajar ikut serta beradu kemampuan, lomba yang dikompetisikan di antaranya lomba senam aerobik & jumba kategori umum, senam sadar pangan aman termasuk jungle BPOM kategori Umum dan pelajar, lomba masak kue jajanan anak-anak.

Beberapa stand diisi juga UMKM yang ada di provinsi Banten untuk mengenalkan produk lokal yang sudah teruji layak konsumsi.

Peserta lomba mendapatkan hadiah uang tunai, juara 1 Rp. 1.500.000, juara 2. Rp. 1.000.000,- dan juara 3. Rp. 750.000, selain uang tunai ada juga hadiah lainnya dalam bentuk DVD Flayer dan kompor gas untuk peraih juara harapan.

Sumi, salah satu peserta lomba senam mengungkapkan kegembiraanya saat namanya dipanggil pembawa acara untuk meraih hadiah juara 1 lomba senam pelajar. Ia berharap lomba ini terus dilakukan setiap tahun oleh BPOM.

"Acara ini bagus semua bisa ikut dan ramai, semoga tahun depan adalagi," ungkap Sumi.

Selain lomba dan senam massal, ada kegiatan Talkshow yang dilakukan pihak Banten Raya TV, untuk memperluas informasi Germas Sapa disaksikan oleh warga Banten. Talkshow tersebut juga menghadirkan narasumber dari pejabat OPD di lingkungan Provinsi Banten. (Gat/red)


TAG bpom
Komentar