Pemprov Banten Klaim Bantuan Dana Desa Terserap Maksimal

Pemprov Banten Klaim Bantuan Dana Desa Terserap MaksimalPemprov Banten Klaim Bantuan Dana Desa Terserap Maksimal

SERANG, TitikNOL - Bantuan desa di empat kabupaten/kota yang bersumber dari APBN 2015 diklaim terserap maksimal. 

"Berdasarkan data yang diterima Pemprov Banten, serapan bantuan desa dari APBN 2015 cukup bagus. Hanya Kabupaten Serang yang tidak 100 persen, tapi hanya kurang sedikit," ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa (BPPMD) Banten Paundra Bayu Ajie, Jumat (22/1/2016).

Dana desa yang disalurkan ke Banten pada 2015 di 326 desa di Kabupaten Pandeglang dengan total anggaran sekitar Rp 91,6 miliar yang disalurkan dalam tiga tahap. Kemudian untuk Kabupaten Lebak sebesar Rp 95,9 miliar untuk disalurkan ke 340 desa, Kabupaten Tangerang sebesar Rp 75,1 miliar untuk 724 desa dan Kabupaten Serang sebesar Rp 89,8 miliar untuk 326 desa.
 
Untuk tiga kabupaten yakni Pandeglang, Lebak dan Kabupaten Tangerang serapannya 100 persen. Sedangkan hanya Kabupaten Serang 99,25 persen.

"Dana desa fokusnya untuk infrastruktur desa, pertanian, pendidikan dan kebudayaan,"katanya.  

Namun, ia belum dapat memastikan apakah seluruh desa yang menerima bantuan tersebut sudah menyerahkan laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dana tersebut. Sebab, menurutnya pemprov hanya menerima tembusan laporan dari kabupaten/kota.

"Kalau soal laporannya itu kabupaten/kota, pemprov hanya tembusan saja, dan melakukan pengawasan ke kabupaten/kota," ucapnya. (Kuk/Red)

Komentar